Jakarta (ANTARA) -
Dukungan kepada Ketua DPD Golkar DKI Jakarta Ahmed Zaki Iskandar sebagai bakal calon gubernur (bacagub) di Pilkada DKI Jakarta 2024 terus mengalir dan kini Majelis Dakwah Islamiyah (MDI) DKI mendeklarasikan dukungan untuk Zaki. 
 
Deklarasi dukungan itu disampaikan Ketua DMI DKI Jakarta Ramli HI Muhammad di Kantor DPD Partai Golkar DKI Jakarta, Jumat.
 
"Setelah deklarasi ini, maka seluruh kader MDI akan turun ke lapangan untuk menyosialisasikan kepada masyarakat terkait jagoan MDI di Pilkada DKI Jakarta," kata Ramli.
 
Dia tak menampik sosok Ahmed Zaki Iskandar belum dikenal luas masyarakat DKI Jakarta.  Karena itu sosialisasi terhadap Zaki harus gencar dilakukan.
 
"Pertama kepada keluarganya, yang kedua kepada tetangganya, karena ini banyak pengurus masjid maka dimulai dari masjid," tuturnya.

Baca juga: Ormas MKGR DKI dukung Zaki sebagai Bacagub DKI Jakarta 
 
Tak hanya Zaki, MDI Jakarta juga mendeklarasikan dukungan terhadap Airlangga Hartarto agar kembali menjadi Ketua Umum DPP Partai Golkar periode 2024-2029.
 
Ramli menyatakan, ada sekitar 4.000-5.000 kader MDI di Jakarta yang sepakat mendukung Zaki dan Airlangga. Dia menyebutkan, kepiawaian Zaki dan Airlangga di tingkat Jakarta maupun nasional mampu membawa prestasi bagi partai bergambar pohon beringin itu di lembaga legislatif.
 
Dia mencontohkan, di bawah kepemimpinan Zaki, Golkar DKI bisa menambah perolehan kursi di DPRD DKI Jakarta dari enam orang menjadi 10 orang.
 
Demikian pula Airlangga, kursi di DPR RI naik dari 82 orang pada Pileg 2019, kini menjadi 102 orang.
 
"Untuk memimpin Jakarta haruslah orang yang berpengalaman, jadi bukan hanya pengalaman saja tapi ada hasilnya juga," kata Ramli.

Baca juga: Dewan Pertimbangan Golkar DKI rekomendasikan Zaki jadi Bacagub 
 
Ketua DPD Partai Golkar DKI Jakarta Ahmed Zaki Iskandar saat memberikan sambutan di Kantor DPD Partai Golkar DKI Jakarta, Jumat (24/5/2024). ANTARA/HO-DPD Golkar DKI Jakarta
Sementara itu, Ketua DPD Golkar DKI Jakarta Ahmed Zaki Iskandar mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh MDI kepadanya dan Airlangga.
 
Dia menyebutkan, hampir semua ormas yang berada di bawah naungan Golkar mendukung Zaki sebagai bacagub dan Airlangga kembali 
menjabat Ketua Umum (Ketum) Golkar.
 
“Ormas hampir semua, nanti menyusul ada HWK (Himpunan Wanita Karya), kemudian Soksi (Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia), MKGR (Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong), yang lain sudah termasuk ini (MDI),” katanya.

Baca juga: Golkar DKI ungkap peluang Anies Baswedan-Bang Zaki di Pilgub DKI
 
Zaki menegaskan, tak akan menyia-nyiakan dukungan ini untuk ikut bertarung dalam ajang Pilkada Jakarta. Meski masih menunggu putusan dari DPP ihwal nama yang ditetapkan sebagai bacagub, Zaki akan menjalin komunikasi aktif dengan warga Jakarta.
 
"Saya akan sosialisasi dengan seluruh jaringan. Mungkin nanti efektif spanduk, baliho ataupun alat peraga kampanye lainnya, mungkin nanti akan dipasang di daerah-daerah," katanya.
 
Selain terjun ke lapangan, Zaki juga membuka komunikasi politik dengan partai lain. Dia menyadari, Golkar harus melakukan koalisi dengan partai lain untuk menghadapi Pilkada Jakarta November 2024.
 
"Semua berjalan, baik kami yang berkunjung, maupun kami yang menerima kunjungan, nanti masih ada, agendanya lanjut terus," kata Zaki.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024