Ternate (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) Bencana Alam erupsi Gunung Ibu di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara (Malut)  menyalurkan bantuan yang terus mengalir dari berbagai elemen.

Ketua Satgas bencana alam erupsi Gunung ibu, Dandim 1501/Ternate Kolonel Arm Adietya Yuni Nurtono di Ternate, Sabtu, mengatakan, pihaknya terus menerima bantuan dari berbagai pihak mulai dari bentuk makanan maupun pakaian bagi korban erupsi Gunung Ibu.

Hal tersebut disampaikan Adietya Yuni Nurtono usai menyambut Kedatangan bantuan dari Paguyuban Kerukunan Warga Jawa (PKWJ) Halmahera Barat yang diKetuai oleh Hi.Adi Suwardi. Bertempat di Posko Bencana alam kecamatan Ibu, Kabupaten Halbar.

Dia menyebut, pada saat bencana alam terjadi, solidaritas serta kepedulian sangat dibutuhkan oleh para korban yang mengungsi.

Di tengah situasi seperti ini, Paguyuban Kerukunan Warga Jawa (PKWJ) Halmahera Barat menunjukkan ketulusan hatinya dengan memberikan bantuan kepada para pengungsi erupsi gunung Ibu. Kejadian ini mampu meruntuhkan batas-batas suku, ras, dan agama. Semua saling membantu dan peduli satu sama lain.

Dandim 1501/Ternate Kolonel Arm Adietya Yuni Nurtono sebagai Dansatgas Bencana Alam Erupsi Gunung Ibu mengungkapkan rasa terima kasihnya atas tindakan kemanusiaan yang ditunjukkan oleh PKWJ Halmahera Barat. Mereka telah menunjukkan bahwa manusia harus saling tolong menolong di saat-saat seperti ini.

Baca juga: BNPB cek kondisi pengungsian korban erupsi Gunung Ibu

Sementara itu, ketua PKWJ Halmahera Barat, Hi. Adi Suwardi, menekankan bahwa tindakan kemanusiaan yang mereka lakukan bukanlah karena terpaksa ataupun mengejar popularitas.

Namun, bantuan yang diberikan merupakan bentuk nyata dari kepedulian mereka terhadap sesama manusia yang sedang mengalami musibah.

Bencana alam memang tak bisa dihindari. Namun, kita dapat berbuat sesuatu untuk mengurangi dampak buruknya dengan saling membantu dan berbagi. Terlebih lagi, dalam kondisi seperti ini, semua batas terhapus dan hanya kebersamaan serta kepedulian yang menjadi prioritas.

Sebelumnya, Tim Kesehatan Komando Distrik (Kodim) 1501/Ternate-Halbar intensif melakukan pengecekan kesehatan pengungsi erupsi Gunung Ibu, Kabupaten Halbar guna memastikan kondisi pengungsi tetap terjaga.

Baca juga: Pengungsi erupsi Gunung Ibu jalani pemeriksaan kesehatan

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024