Jakarta (ANTARA) - Dewa United Banten mengamankan kemenangan ke-16 musim ini setelah menundukkan Borneo Hornbills dengan skor akhir 93-70 dalam laga lanjutan IBL 2024 di Dewa United Arena Tangerang Banten Sabtu (25/5).

Dengan hasil ini, maka Dewa United telah menang 2-0 atas Borneo di kompetisi IBL 2024 alias menyapu bersih seluruh laga dengan kemenangan.

Tavario Miller mencetak 19 poin, 12 rebound, dan 5 assist dalam kemenangan Dewa United kali ini. Pemain naturalisasi Timnas Indonesia Lester Prosper menambahkan 17 poin dan 11 rebound. Sedangkan Gelvis Solano Paulino menyumbang 14 poin yang memulai laga dari bangku cadangan. Sebaran poin Dewa United hari ini cukup merata, karena hanya Lucky Abdi Pasondok dan Kristian Liem yang tidak mencetak poin.

Baca juga: Dewa United menang atas Borneo Hornbills, sempat tertinggal 13 poin

Sebaliknya dari kubu Borneo, Michael Qualls mencetak 30 poin dengan field goals 12 dari 26 upaya. Steve Taylor Jr. dan Jamarr Andre Johnson masing-masing membukukan 14 poin.

Seperti yang terjadi di babak pertama, Dewa United mencoba untuk menurunkan kontribusi pemain lokal dan lebih banyak memainkan pemain asing , dan strategi tersebut cukup membuahkan poin. Hanya tiga pemain lokal yang mencetak masing-masing dua angka di babak kedua laga, yaitu Steven Orlando, Daniel Timothy Wenas, dan M. Ary Daffa.

Secara keseluruhan, Dewa United unggul dalam akurasi tembakan dari lapangan dengan 36 tembakan dari 70 percobaan, termasuk 11 tripoin. Sedangkan Borneo memasukkan 28 tembakan dari 67 percobaan sepanjang laga.
 
Pebasket Borneo Hornbills Michael Rashad Qualls (kiri) mencoba melewati pebasket Dewa United Banten Hardianus (tengah) pada pertandingan Indonesia Basketball League (IBL) 2024 di Dewa United Arena, Kabupaten Tangerang, Banten, Sabtu (25/5/2024). Dewa United Banten menang dengan skor 93 - 70. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/YU

Baca juga: Separuh perjalanan IBL 2024, tidak ada tim yang tak terkalahkan

Perbedaan mencolok lainnya ada pada jumlah assist dan rebound. Di mana Dewa United mencetak 28 assist, dan Borneo hanya delapan assist. Sedangkan untuk rebound, Dewa United membuat 47 rebound termasuk 14 offensive rebound, di mana Borneo mengumpulkan 34 rebound.

Lewat kemenangan kali ini, Dewa United menjaga untuk mereka tetap ada di posisi atas dalam klasemen sementara dengan rekor 16 menang dan hanya 1 kali kalah dari Pelita Jaya Jakarta. Dewa United berada di posisi tiga teratas klasemen bersama dengan Pelita Jaya Jakarta dan Kesatria Bengawan Solo.

Sebaliknya, Borneo berada di peringkat kesembilan dengan rekor 6-13, termasuk dengan tiga kekalahan beruntun dalam tiga laga terakhir.

Borneo harus bisa memaksimalkan tujuh laga sisa di musim reguler agar tetap menjaga asa mereka tampil di babak playoff dengan syarat minimal menempati posisi delapan di klasemen akhir. Saat ini, Borneo berada di peringkat sembilan, di bawah RANS Simba Bogor.

Baca juga: IBL 2024, James Dickey III kekuatan baru Pelita Jaya Jakarta
Baca juga: Reynaldo Garcia bantu Satria Muda kalahkan Hangtuah 89-73
Baca juga: Kesatria Bengawan Solo kumpulkan kemenangan ke-15 beruntun

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024