Rangkasbitung (ANTARA) -
Kementerian Agama Kabupaten Lebak, Banten, menerima laporan satu calon haji Kloter 34 meninggal dunia di Jeddah Arab Saudi akibat sakit, Senin (27/5).
 
Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Lebak, H Badrussalam saat dikonfirmasi di Rangkasbitung, Lebak, Selasa, mengatakan satu calon haji yang meninggal dunia itu diketahui bernama Samsiah Sarwan (60) warga Kecamatan Rangkasbitung.
 
Berdasarkan keterangan Samsiah yang berangkat dari Bandara Soekarno Hatta Kloter 34 mengalami sakit setelah tiba di Bandara Jeddah, Arab Saudi.
 
Selanjutnya, petugas membawa calon haji asal Lebak itu ke Rumah Sakit (RS) King Abdullah Jeddah untuk mendapatkan penanganan medis.

Baca juga: Tambah satu calon haji Embarkasi Solo yang meninggal di Tanah Suci

Baca juga: Hari ke-16, Kemenag nyatakan 17 orang calon haji Indonesia tutup usia
 
Dalam perawatan di rumah sakit itu, salah satu calom haji yang diberangkatkan pada Ahad (26/5) dini hari, di Pendopo Pemkab Lebak itu meninggal dunia.
 
Calon haji asal Lebak yang meninggal itu tergabung dalam Kloter 34, yang sebanyak 225 orang dan tiba di Jeddah, Senin (27/5).
 
"Kami minta keluarga yang ditinggalkan bersabar dan tabah, karena semua orang itu pasti meninggal," katanya menjelaskan.
 
Menurut dia, jamaah asal Kabupaten Lebak yang sudah diberangkatkan ke Tanah Suci, Makkah, untuk Kloter 29 sebanyak 430 orang dan Kloter 34 tercatat 225 orang.
 
Namun, sejauh ini baru menerima laporan jamaah yang meninggal dunia satu orang.
 
Oleh karena itu, pihaknya minta jamaah agar menjaga kesehatan dan istirahat yang cukup serta mengkonsumsi makanan yang bergizi.
 
Selain itu juga bagi jamaah yang memiliki riwayat penyakit tertentu dapat memperhatikan minum obat juga selalu berkoordinasi dengan petugas medis jika dirasakan sakitnya.
 
Kami berharap jamaah haji asal Lebak diberikan kesehatan dan bisa kembali ke tanah air dengan selamat serta meraih haji mabrur," katanya menjelaskan.*

Baca juga: Calon haji asal Malut meninggal dunia di RSUD Ternate

Baca juga: Kemenag catat 102.104 calon haji Indonesia tiba di Arab Saudi

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024