Jakarta (ANTARA) – PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk. (WEGE) berhasil meraih dua penghargaan bergengsi dalam ajang "Transparansi dan Penurunan Emisi Korporasi Terbaik 2024". Penghargaan ini diselenggarakan oleh Investortrust.id bekerjasama dengan Bumi Global Karbon Foundation (BGK Foundation), sebagai bentuk apresiasi atas komitmen perusahaan dalam mengimplementasikan transparansi dan upaya penurunan emisi.

Dalam acara yang berlangsung pada Rabu, 29 Mei 2024, di Mezzanine Ballroom, Hotel Aryaduta Jakarta, WEGE dianugerahi penghargaan kategori Transparansi Penurunan Emisi Korporasi Predikat Green dan Transparansi Perhitungan Emisi predikat Platinum sejajar dengan BUMN dan perusahaan swasta besar di Indonesia. Penghargaan ini diterima langsung oleh Sekretaris Perusahaan WEGE, Purba Yudha Tama.


WEGE dinilai didalam Laporan Keberlanjutan tahun 2022 yang diterbitkan pada tahun 2023, perusahaan mengungkapkan adanya pencapaian dan perhitungan penurunan emisi, serta menyatakan perhitungan tiga cakupan/scope emisi.

Sebagai perusahaan konstruksi gedung yang memiliki visi “Menciptakan ‘ruang’ untuk kehidupan yang lebih baik”, WEGE telah menerapkan sejumlah kebijakan perusahaan yang berkorelasi positif terhadap konservasi energi dan manajemen emisi gas rumah kaca yang ditujukan untuk menjaga kelestarian lingkungan. Kontribusi WEGE dalam upaya dekarbonisasi juga diperkuat dengan sertifikasi ISO 14001:2015 tentang Sistem Manajemen Lingkungan dan ISO 5001:2018 Sistem Manajemen Energi, yang menegaskan komitmen perusahaan dalam menjalankan operasional yang berkelanjutan.

Sektor konstruksi merupakan kontributor signifikan terhadap emisi dan limbah CO2 global. WEGE dalam proses bisnisnya melalui menggunakan metode off site-konstruksi berbasis Modular sebagai material bangunan ramah lingkungan. Proses pengerjaan Modular WEGE sebanyak 70% dilaksanakan di pabrik sehingga mengurangi emisi CO2 dari pengiriman material, serta meminimalisir penggunaan material yang tidak terpakai
(zero waste) bila dibandingkan dengan metode konvensional. Pendekatan ramah lingkungan ini memanfaatkan komponen volumetrik
prefabrikasi yang dirakit di luar lokasi, yang secara signifikan mengurangi limbah material dan emisi gas rumah kaca, serta efisiensi dan kualitas dalam Konstruksi.

WEGE telah berhasil mengimplementasikan sistem modularnya di berbagai proyek penting di seluruh Indonesia, termasuk rumah sakit COVID-19, Paddock Mandalika, dan hunian pekerja di Ibukota Nusantara. Visi jangka panjang WIKA Gedung adalah untuk terus mengurangi emisi dan meningkatkan keberlanjutan dalam industri konstruksi. Konstruksi Modular WEGE merupakan langkah strategis menuju industri bangunan yang berkelanjutan, efisien, dan ramah lingkungan.

Direktur Utama WEGE, Bapak Hadian Pramudita, menyampaikan rasa terima kasihnya atas penghargaan yang diberikan. "Penghargaan ini merupakan bukti nyata dari dedikasi dan komitmen kami untuk terus meningkatkan transparansi dan mengurangi jejak karbon perusahaan. Kami berharap, upaya ini dapat menginspirasi perusahaan lain untuk bersama-sama menciptakan lingkungan bisnis yang lebih hijau dan berkelanjutan," ujar Hadian.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024