Media massa telah membantu memberitakan kegiatan kementerian Luar Negeri selama ini kepada masyarakat. Selamat kepada pemenang Adam Malik Award tahun ini. Kerjasama yang baik selama ini dengan media massa kami harapkan bisa ditingkatkan di masa yang
Jakarta (ANTARA News) - Perum LKBN Antara dan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia berkomitmen melakukan kerjasama pemberitaan dan pelatihan jurnalistik yang dituangkan dalam nota kesepahaman yang ditandatangi di Jakarta pada Selasa.

Penandatanganan nota kesepahaman oleh Direktur Utama Antara Saiful Hadi dan Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kemlu AM Fachir serta disaksikan oleh Menteri Luar Negeri RI Marty Natalegawa tersebut diselenggarakan bersamaan dengan acara Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri.

Sebagai satu-satunya kantor berita di Indonesia, Antara memiliki jaringan luas dan memberitakan hal-hal yang terjadi di Indonesia ke masyarakat baik di dalam maupun luar negeri, kata Saiful Hadi.

"Kami memiliki kerjasama dengan berbagai kantor berita baik di kawasan Asia Pasifik termasuk Australia maupun Eropa. Dengan demikian Antara berperan sebagai jendela informasi dunia mengenai Indonesia," katanya.

Saiful berharap nota kesepahaman mengenai pemberitaan tentang kegiatan Kemlu itu dapat lebih meningkatkan kerja sama antara kemtenterian tersebut dan Antara, tambahnya.

Selain menandatangani nota kesepahaman, kantor berita Antara pada kesempatan itu juga menerima penghargaan jurnalistik Adam Malik Award kategori media online terbaik dari Kementerian Luar Negeri.

"Penghargaan Adam Malik Award untuk Antara adalah pengakuan terhadap eksistensi lembaga kantor berita ini sebagai penyedia informasi bagi masyarakat," kata Dirut Antara.

Terdapat lima kategori penghargaan Adam Malik yakni media online terbaik yang dimenangkan oleh kantor berita Antara, media cetak terbaik dimenangkan oleh harian Kompas, media radio terbaik dimenangkan oleh Radio Republik Indonesia (RRI), media televisi dimenangkan oleh SCTV dan pewarta terbaik dimenangkan oleh Natalia Santi dari Koran Tempo.

"Media massa telah membantu memberitakan kegiatan kementerian Luar Negeri selama ini kepada masyarakat. Selamat kepada pemenang Adam Malik Award tahun ini. Kerjasama yang baik selama ini dengan media massa kami harapkan bisa ditingkatkan di masa yang akan datang," kata Menlu Marty.
(A051/B005)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014