Manado (ANTARA News) - Wakil Presiden Boediono memantau dampak banjir di beberapa bagian Kota Manado, Sulawesi Utara, pada Selasa.

Iring-iringan kendaraan rombongan Wakil Presiden bergerak dari Bandara Sam Ratulangi sekitar pukul 10.30 WITA dan bergerak menuju Kelurahan Dendengan Dalam, Kecamatan Tikala, yang cukup parah terdampak banjir.

Di sana Wakil Presiden melihat jembatan Dendengan Dalam di Daerah Aliran Sungai (DAS) Tondano yang putus.

Aparat Denzipur TNI sedang membangun jembatan darurat untuk menghubungkan dua wilayah permukiman yang terpisah aliran sungai serta memperbaiki ruas jalan utama menuju permukiman di arah timur kota.

Wakil Presiden bersama rombongan kemudian berkunjung ke Mesjid Dendengan Dalam, melihat kondisi dan berdialog dengan warga yang sedang mengungsi, serta menampung keluhan keluhan warga yang kehilangan rumah dan harta benda saat banjir.

Ia juga mengunjungi posko kesehatan yang dibangun Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara lalu melanjutkan kunjungan ke Kelurahan Komo, Wenang, yang masih penuh sampah dan lumpur.

"Pemerintah akan melakukan langkah koordinasi berkaitan dengan bencana di daerah ini. Kami sangat mendukung apa yang dilakukan pemerintah daerah maupun masyarakat," katanya.

Menurut dia, pemerintah daerah perlu melakukan normalisasi daerah aliran sungai untuk mengurangi banjir.

Wakil Presiden tiba di Bandara Sam Ratulangi menggunakan pesawat angkatan udara Boeing 737 A-7305 pukul 10.05 WITA, dan kembali ke Jakarta kira-kira pukul 14.00 WIT.

Pewarta: Karel A Polakitan
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014