Anggaran bencana kita sebagian besar untuk fisik seperti makanan, tenda, dan sandang,"
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri meninjau lokasi pengungsi korban banjir di Manggarai dan Tebet Jakarta Selatan serta menyerahkan bantuan.

"Anggaran bencana kita sebagian besar untuk fisik seperti makanan, tenda, dan sandang," kata Mensos di lokasi pengungsi korban banjir di Posko Manggarai Jakarta Selatan, Rabu.

Dalam kunjungan tersebut Mensos menyerahkan bantuan berupa makanan, matras, peralatan evakuasi, sandang, kebutuhan anak, dan keluarga.

Total bantuan yang diserahkan Mensos senilai Rp228 juta untuk posko Manggarai.

Pada kesempatan itu, Mensos mengatakan, total anggaran Kementerian Sosial untuk penanganan bencana senilai Rp400 miliar dan sudah disalurkan ke daerah.

Mensos juga menambahkan, "buffer stock" yang disiapkan Kemensos dan sudah disalurkan ke dinas sosial di daerah cukup untuk dua minggu.

Mensos juga mengapresiasi masyarakat yang bergerak cepat menolong sesama warga dalam setiap kejadian bencana.

Untuk kesiap-siagaan, Kemensos sudah membuat ratusan Kampung Siaga Bencana di daerah-daerah sebagai upaya meningkatkan kesadaran dan kesiap-siagaan masarakat terhadap bencana.

"Jadi masyarakat tidak lagi menunggu pemerintah membantu jika terjadi bencana, mereka bisa langsung turun menolong yang lain karena bagaimanapun bencana alam datang tiba-tiba," kata Mensos.

(D016/B015)

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014