Sepertinya ini film Indonesia pertama yang fokus pada makanan sebagai tema,"
Jakarta (ANTARA News) - Kekayaan kuliner Indonesia menjadi tema dari film "Tabula Rasa" yang mulai diproduksi bulan ini.

Film produksi Lifelike Pictures yang diproduseri Sheila Timothy itu berkisah tentang pemuda asal Serui, Papua bernama Hans (Jimmy Kobogau) yang kehilangan semangat hidup saat impiannya jadi pesepakbola kandas.

Dia pun bertemu dengan Mak Uwo (Dewi Irawan) seorang pemilik rumah makan Minang sederhana (Lapau). Mimpi dan semangat hidup mereka mulai terbentuk lewat makanan dan masakan.

Sheila mengatakan, tema kuliner Indonesia masih belum banyak diangkat oleh sineas tanah air. Apalagi Indonesia memiliki banyak makanan khas beserta filosofi di baliknya.

"Sepertinya ini film Indonesia pertama yang fokus pada makanan sebagai tema," kata Sheila di Jakarta, Rabu.

Naskah "Tabula Rasa" ditulis oleh Tumpal Tampubolon, sementara filmnya disutradarai oleh Adriyanto Dewo.

Para ahli kuliner seperti Culinary Advisor Chef Adzan dan penulis buku Rendang Traveller Reno Andam Suri juga turut membantu dalam bagian detil masakan dan makanan yang ditampilkan dalam film ini agar hasil gambarnya maksimal.

"Saya ingin agar film ini nanti dapat membuat penonton merasa ingin makan masakan Padang," ujar Sheila.

Penata Artistik Terbaik FFI 2013 Iqbal Marjono akan menampilkan hasil karyanya dalam membuat Lapau khusus untuk lokasi pengambilan gambar dan sinematografi diserahkan pada Amalia sebagai Director of Photography.

Sementara itu, maestro tari dan budaya Minang Tom Ibnur bertugas sebagai Dialect Coach dan Technical Advisor khusus budaya Minang.

Film yang mengangkat budaya Minang dan Papua ini yang dibintangi Yayu Unru dan Ramdan Setia akan mengambil latar belakang Jakarta, Bogor, dan Papua sebagai lokasi syuting.

 "Tabula Rasa" rencananya dirilis September mendatang.(*)

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014