Bandung (ANTARA News) - Arus lalu lintas dari Jakarta ke Bandung melalui Tol Cipularang, dialihkan karena apada Kilometer 72 di kawasan Desa Cigelam Kecamatan Babakancikao Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, amblas Jumat dini hari.

"Karena ada ruas jalan yang amblas di Kilometer 72 maka arus kendaraan dari arah Jakarta menuju Bandung diarahkan keluar ke Cikopo, kemudian masuk lagi ke Sadang kalau mau ke Bandung," kata Kepala Cabang Tol Purbaleunyi Christianto lewat telepon kepada wartawan.

Ia menuturkan, panjang ruas jalan yang amblas mencapai 20 meter namun terdapat retakan yang dikhawatirkan akan membahayakan pengendara apabila diperbolehkan melintas ke lokasi tersebut.

"Jadi di sana ada retakan. Retakannya ya itu kurang lebih sekitar 70 sampai 80 meter," kata dia.

Menurut dia, kedalaman jalan yang amblas itu diperkirakan 20 sampai 25 cm dan bagian terdalam yang amblas ada di bahu jalan.

"Untuk saat ini, kami belum bisa memastikan kapan arus lalu lintas di lokasi kembali dibuka karena saat ini kami sedang melakukan penanggulangan," kata Chrisntianto.

Otoritas tol menduga penyebab sementara adalah tanah di sana tergerus air.  "Namun itu masih perlu dipastikan lebih lanjut. Untuk saat ini, sejumlah ahli akan didatangkan untuk memastikan penyebabnya. Kami akan memanggil konsultan geoteknik," kata Christianto.

Dia mengatakan, sejak Jumat pagi, proses perbaikan ruas Tol Purbaleunyi di KM 72 yang amblas masih terus berlangsung.

"Kami belum bisa memastikan berapa lama proses perbaikan berlangsung. Tapi diperkirakan lebih dari tiga hari. Sekarang lagi mobilisasi material untuk pancang dan peralatan pemancangannya," katanya.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014