Jakarta (ANTARA News) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Tifatul Sembiring mengenang Joop Ave, mantan Menparpostel era Orde Baru, sebagai sosok yang sarat dengan pengalaman khususnya di bidang kehumasan dan komunikasi.

"Kami turut berduka cita yang mendalam atas wafatnya Bapak Joop Ave, beliau sosok yang sarat pengalaman di bidang kehumasan dan komunikasi," kata Menkominfo Tifatul Sembiring kepada Antara, di Jakarta, Kamis, sehubungannya meninggalnya Joop Ave di Singapura pada Rabu sore.

Tifatul menyatakan, dirinya sangat mengagumi Joop sebagai seorang yang menguasai komunikasi massa dengan baik seperti sebagai pemberi pidato yang baik.

Selain itu, Joop yang juga pernah selama 20 tahun aktif di bidang keprotokolan dan menjabat Kepala Rumah Tangga Istana Kepresidenan periode 1972--1978 itu, dikenalnya sebagai sosok yang sangat memperhatikan detail dalam melaksanakan suatu pekerjaan.

"Gedung Postel (sekarang Gedung Sapta Pesona, Red) itu dibangun oleh beliau," katanya lagi.

Sampai saat ini, salah satu direktorat jenderal kementeriannya yakni Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) masih menempati sebagian gedung tersebut.

Hingga sekarang penentuan dan penghitungan Biaya Hak Penggunaan (BHP) pita frekuensi masih dilaksanakan di gedung itu. Ini tidak terlepas dari jasa beliau. Itu yang berkesan buat saya, kata Tifatul.

Sebelumnya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif secara resmi mengonfirmasi wafatnya Joop Ave, Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi periode 1993--1997, di Rumah Sakit Mount Elizabeth Singapura pada Rabu, 5 Februari 2014 pukul 18.30 waktu Singapura.

Menurut rencana jenazah Joop Ave diterbangkan ke Denpasar Bali pada Kamis ini, untuk disemayamkan dan akan dikremasi pada Sabtu (8/2).

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014