New York (ANTARA News) - Sejumlah bintang papan atas Hollywood termasuk Meryl Streep dan Cate Blanchett bergabung dengan ratusan pelayat di pemakaman aktor peraih Oscar Philip Seymour Hoffman, Jumat, yang meninggal karena overdosis heroin.

Aktor Ethan Hawke, Joaquin Phoenix, Julianne Moore dan Michelle Williams - mantan pacar Heath Ledger, yang juga meninggal karena overdosis - juga menerjang dinginnya New York untuk menghadiri sang rekan dikebumikan.

Hoffman (46), yang muncul dalam puluhan film dan dielu-elukan oleh banyak orang sebagai karakter aktor terbaik dari generasinya, ditemukan tewas pada Minggu di apartemen sewaannya.

Acara ini tertutup untuk anggota pers dan publik, berlangsung selama sekitar satu setengah jam di Gereja St Ignatius Loyola di Park Avenue Manhattan.

AFP melaporkan, sebuah mobil jenazah hitam melaju ke pintu masuk gereja dan para petugas membawa peti berselubung menaiki tangga di siang hari disaksikan oleh pasangan Hoffman, Mimi ODonnell, dan tiga anak mereka.

ODonnell membawa anak bungsu pasangan itu, Willa lima tahun, dalam pelukannya. Si sulung, Cooper, 10 tahun mengenakan kemeja putih dan dasi berdiri di samping ibunya. Di jalan keluar dari gereja, putrinya Tallulah, tujuh tahun, mencoba untuk bersembunyi di balik ibunya seolah-olah menghindari lensa panjang fotografer yang berkemah di seberang jalan.

Puluhan juru kamera dan wartawan berbaris di jalan di luar gereja, yang juga menggelar pemakaman Jacqueline Kennedy Onassis, istri Presiden AS John F. Kennedy yang dibunuh, pada 1994.

Hoffman meraih Oscar pada tahun 2006 untuk perannya sebagai penulis Truman Capote dalam "Capote" dan meraih tiga nominasi Academy Award, yang berlanjut sebagai aktor pendukung terbaik pada tahun 2008, 2009 dan 2013.

Hasil otopsi pada jenazah Hoffman, Senin, tidak meyakinkan dan pemeriksa medis sedang menunggu hasil tes lebih lanjut untuk menentukan penyebab pasti kematiannya. Polisi mengatakan Hoffman ditemukan dengan jarum suntik di lengannya, dan ada 50 amplop heroin, sejumlah jarum suntik dan pil lainnya di apartemennya.

(H-AK)

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014