Dalam kasus dugaan TPK dan TPPU dengan tersangka TCW, sampai hari ini KPK telah menyita sebanyak 40 mobil dan satu motor besar,"
Jakarta (ANTARA News) - Komisi Pemberantasan Korupsi kembali menyita dan terus menelusuri aset milik Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan (TCW) dengan perkembangan terbaru menyita total 40 mobil yang diduga hasil dari Tindak Pidana Korupsi dan Tindak Pidana Pencucian Uang.

"Dalam kasus dugaan TPK dan TPPU dengan tersangka TCW, sampai hari ini KPK telah menyita sebanyak 40 mobil dan satu motor besar," kata Juru Bicara KPK Johan Budi melalui pesan singkat yang diterima di Jakarta, Senin.

Penambahan jumlah sitaan itu dimungkinkan bertambah seiring kinerja penyidik dalam menelusuri berbagai aset adik Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah tersebut yang diperkirakan berjumlah lebih dari 100 item.

Kendaraan-kendaraan yang disita ita adalah aset Wawan dan mempunyai keterkaitan dengan PT Bali Pacific Pragama (BPP). Wawan sendiri merupakan Komisaris Utama dari PT BPP.

Sejumlah sitaan itu aset Wawan itu tersebar kepada sejumlah pihak seperti kepada Anggota DPRD Banten, swasta dan Pegawai PT BPP.

Selain itu, nama artis seperti Jennifer Dunn dan Catherine Wilson diduga menerima pemberian kendaraan oleh Wawan sebagai bagian dari upaya mengaburkan asal-usul uang dengan pencucian uang.

Di lain pihak, pengacara Wawan, Maqdir Ismail mengatakan banyaknya mobil milik Wawan adalah sesuatu yang wajar. Alasannya Wawan berlatar belakang sebagai pengusaha sehingga alasan asetnya berasal dari TPK dan TPPU tidak tepat.

Berikut ini daftar kendaraan bermotor yang telah disita oleh KPK dari pihak Wawan.

1. Satu buah Ferrari

2. Satu buah Lamborgini

3. Satu buah Bentley

4. Satu buah Roll Royce

5. Satu buah Nisan GTR

6. Lima buah Toyota Vellfire

7. Empat buah Mitsubishi Pajero

8. Lima buah Honda CRV

9. Dua buah Mercedez

10. Satu buah Mini Cooper

11. Satu buah Toyota Land Cruiser

12. Satu buah Toyota Lexus

13. Enam buah Toyota Innova

14. Dua buah BMW

15. Satu buah Toyota Fortuner

16. Satu buah Mitsubishi Outlander

17. Satu buah Ford Fiesta

18. Satu buah Nissan Terano

19. Satu buah Honda Freed

20. Satu buah Isuzu Panther

21. Satu buah Toyota Avansa

22. Satu buah Suzuki APV

23. Satu buah Motor Harley.

(*)

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014