Jakarta (ANTARA News) - Ketua Komisi XI DPR RI Olly Dondokambe mengatakan pihaknya akan meminta kepada pemerintah untuk memberikan pemutihan kepada penerima Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang tertimpa bencana alam seperti yang terjadi di Gunung Sinabung, Gunung Kelud, dan banjir di Menado, Sulawesi Utara.

Olly Dondokambe mengatakan, permintaan tersebut karena penerima KUR yang tertimpa bencana alam akan kesulitan untuk membayar pinjaman.

"Kita di lapangan banyak mendapatkan para UMKM, penerima KUR yang terkena bencana sehingga kemampuan mereka mengembalikan KUR ini dan pinjaman-pinjaman lainnya, pasti tidak bisa karena mereka total loss," kata Olly di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan, Komisi XI DPR RI akan menggelar rapat kerja dengan Menteri Keuangan, Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK), bank-bank BUMN, Askrindo, Jamskrindo pekan depan (Senin, 3/3).

"Kami sudah minta OJK dan mereka sudah siap. Kita akan tindak lanjuti dalam rapat kerja pekan depan dengan Menkeu, Ketua OJK, Askrindo, Jamskrindo, bank-bank BUMN. Kita akan minta kalau bisa dilakukan pemutihan untuk KUR yang sudah mereka terima," kata politisi PDIP itu.

Ia mencontohkan, penerima KUR di Sulawesi Utara sebanyak 2.000 orang. 900 orang di antaranya terkena bencana, hal ini dapat ditidaklanjuti sehingga mereka tidak stress karena memikirkan pembayaran kredit ditambah usaha.

"Perlu ada dorongan agar mereka semangat kembali. Paling tidak diperlukan evaluasi soal KUR selama 3 bulan," kata Olly.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014