"para pejabat terpilih harus bekerja lebih keras mengembangkan industri nasional"
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perindustrian MS Hidayat di Jakarta, Senin, melantik dua pejabat eselon I yakni Imam Haryono menjadi Direktur Jenderal Pengembangan Perwilayahan Industri dan Syarif Hidayat menjadi Inspektorat Jenderal Kementerian Perindustrian.

"Saudara-saudara yang baru ditugaskan harus optimal dalam menyelesaikan program-program pembangunan industri pada baik yang dibiayai APBN maupun tugas pelaksanaan tupoksi masing-masing," pesan MS Hidayat dalam kesempatan itu.

Dia juga  melantik sejumlah pejabat jajaran eselon II, di antaranya, Sanwani Mahmud sebagai Kepala Biro Perencanaan pada Sekretariat Jenderal, dan Arus Gunawan pada Sekretaris Inspektorat Jenderal.

Hidayat mengingatkan kepada para pejabat terpilih untuk bekerja lebih keras dalam mengembangkan industri nasional, terutama untuk mengurangi ketergantungan yang semakin tinggi terhadap impor bahan baku, bahan penolong, maupun barang modal.

Kemudian, mengenai program nasional mengenai hilirisasi industri berbasis sumber daya alam, mineral, batu bara, migas dan agro industri, Hidayat meminta agar program kerja untuk menaikkan nilai tambah komoditi itu dimaksimalkan.

Hidayat yang juga Mantan Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) itu juga berpesan agar penyelesaian 16 rancangan peraturan pemerintah (PP), lima rancangan peraturan presiden dan 14 rancangan peraturan menteri dapat segera dipercepat, sesuai dengan UU Nomor 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian.

"Saya harap semua ketentuan pelaksanaan UU itu dapat diselesaikan pada periode Kabinet kali ini yang tinggal beberapa bulan lagi," ujarnya.

Dua pejabat eselon I yang baru dilantik, Imam Haryono sebelumnya menempati jabatan Inspektorat Jenderal, sedangkan Syarif Hidayat sebelumnya bertanggung jawab pada pos Sekretaris Direktorat Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi.

Pewarta: Indra Arief
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2014