Jakarta (ANTARA News) - Produk telepon pintar keluaran LG Electronics (LG) G Flex meraih peringkat Gold dalam ajang penghargaan desain 2014 iF Design Award.

LG G Flex merupakan satu dari 26 produk LG lainnya yang mendapat penghargaan di ajang tersebut. “Dalam pengembangan produk, LG telah menetapkan fokus yang salah satunya untuk menjadi pemimpin industri dalam hal desain produk,” ujar Chief Technology Officer LG, Dr. Scott Ahn, melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin.

Untuk mencapai hal ini, Scott Ahn mengatakan masing-masing bagian dalam riset dan pengembangan bekerja sama untuk memikirkan desain produk sejak awal.

Fokus pengembangannya mengacu pada filosofi perusahaan yakni menggabungkan desain inovatif ke dalam sebuah produk yang dapat membangkitkan respon emosional pengguna, serta memperdalam interaksi antara produk dan penggunanya. 

iF Design Award sendiri merupakan ajang penghargaan tahunan internasional di bidang desain. Deretan pemenang penghargaan ini diumumkan setiap tahunnya oleh para pakar dan pemerhati desain lintas industri yang tergabung dalam iF International Forum Design. Semangat yang mendasari penghargaan tersebut yaitu untuk memberikan apresiasi pada setiap produk yang memiliki keunggulan dalam inovasi desain.

Khusus pada penyelenggaraan tahun ini, sejumlah 4,600 produk turut berkompetisi dalam iF Design Award 2014. Menurut Scott Ahn, terpilihnya LG G Flex sebagai peringkat Gold sendiri tak lepas dari keunikan desain layar lengkungnya yang mencerminkan kemampuan mutakhir LG dalam rekayasa desain.

"Bangun lengkung vertikal pada layar enam inch milik LG G Flex tak saja membuatnya tampil ergonomis namun juga memberikan kenyamanan pada penggunaan. Hal ini karena derajat lengkung tersebut dibuat mengikuti lekuk wajah manusia. Derajat lengkung tersebut memberi keuntungan pada penangkapan dan penerimaan bunyi yang lebih baik karena jarak antara mikrofon pada mulut dan jarak antara speaker dengan telinga pengguna menjadi lebih dekat," ujar dia.

Di sisi lain, bangun desain yang diimplementasikan pada LG G Flex juga diklaim nyaman dalam genggaman. Sementara itu keputusan LG meletakkan seluruh tombol pengatur utama pada bagian belakang tubuh LG G Flex, menuai pujian dari panel juri iF Design Award 2014. 

Penempatan tombol yang terhitung unik ini berpadu dengan layar lengkungnya dianggap mampu meningkatkan pengalaman penggunaan dari sisi ergonomis dan kualitas keseluruhan. Dalam ajang yang sama, juri iF Design Award 2014 juga memberikan pujian pada LG G2 untuk tingkat inovasi dan desain yang berorientasi pada kenyamanan penggunaan.

Termasuk pula penerapan Rear Key yang meletakkan tombol pengatur suara dan power pada bagian belakang.

Sebagai pionir smartphone di dunia yang hadir tanpa tombol apapun di bagian sisi samping kanan dan kiri tubuhnya, desain LG G2 dinilai sangat mendukung kinerja produk tersebut. 

Untuk superioritas desainnya, tahun lalu, LG G2 juga meraih penghargaan President’s Award of Good Design yang merupakan penghargaan tertinggi tentang desain produk di Korea Selatan. Sedangkan di sisi lain, TV Ultra HD LG dengan seri 65LA9700 juga memikat juri iF dengan kemampuannya dalam menghadirkan pengalaman menonton yang menyeluruh melalui dukungan desain layar dengan terapan tepian bingkai (bezel) yang sangat tipis.

LG juga mengintegrasikannya dengan speaker berkanal 4.1 yang siap memberikan kualitas audio lebih bertenaga dan berkualitas tinggi.

Produk LG lainnya yang mendapat pengakuan iF Design Awards 2014 antara lain: SoundPlate (Model LAP340), Sound Bar (Model NB5530), 34 - inch IPS 21:09 UltraWide Monitor (Model 34UM95), Ultra PC (Model 13Z940), serta ARTCOOL Stylist Inverter V (Model A12IWK) dan ARTCOOL Slim Inverter V (Model CA12RWK).

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014