Dalam sehari satu tenaga kerja dapat menyelesaikan pelipatan 1.000 lembar
Manado (ANTARA News) - KPU Manado menargetkan pelipatan kertas suara diselesaikan pada Maret 2014, agar bisa segera didistribusikan ke PPK.

"Sekarang pelipatan melibatkan 40 orang kami berharap bisa diselesaikan dalam waktu yang ditetapkan," kata Komisioner KPU Manado Amrain Razak di Manado, Minggu.

Amrain mengatakan, kertas suara yang harus dilipat adalah sebanyak 1.415.000 lembar, maka tenaga kerja yang dibutuhkan untuk melakukan haruslah banyak, sebab itu selain melibatkan 40 tenaga dari luar para pegawai di KPU juga membantu.

"Dalam sehari satu tenaga kerja dapat menyelesaikan pelipatan 1.000 lembar, jadi dengan jumlah tersebut dan dibantu staf KPU kami yakin akan selesai tepat waktu," katanya.

Menurut Amrain, hingga pekan kedua Maret ini, kertas suara yang dilipat sudah mencapai 30 persen dan akan dipacu untuk mencapai target 100 persen pada akhir Maret.

Ia mengatakan, sebelumnya pelipatan kertas suara dilakukan di kantor KPU, tetapi karena ada banyak tenaga kerja yang melakukan maka KPU meminjam gedung SMK Negeri II Manado agar dapat dilakukan dengan tenang tanpa gangguan.

Selain itu ia mengatakan dengan menggunaka ruangan yang luas, maka kerja para pelipat dapat lebih cepat dan pelaksanaannya dna hasilnya baik, sehingga target yang ditetapkan dapat dicapai.

Amrain mengatakan, untuk memotivasi para pelipat surat suara tersebut, KPU Manado akan mengusulkan penambahan biaya dari Rp50 per lembar menjadi Rp100 per lembar, agar pekerja melakukannya dengan cepat.

"Kami juga agar prihatin dengan biaya pelipatan tersebut, sebab itu sudah diusulkan agar dapat dinaikan dari jumlah tersebut sehingga mereka bersemangat bekerja melipat," katanya.

Ia mengatakan, jika nanti permohonan menaikan biaya pelipatan tersebut dikabulkan KPU pusat, maka pembayaran kepada para tenaga kerja tersebut akan disesuaikan dengan nilai yang disetujui.

Pewarta: Joyce Bukarakombang
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014