... akan siap memberikan bantuan apapun yang diperlukan, tetapi saya tidak yakin apakah itu bisa terwujud... "
Islamabad (ANTARA News) - Pakistan mengatakan siap memberikan bantuan dalam operasi SAR gabungan internasional terhadap MH370 Malaysia Airlines yang dinyatakan hilang sejak Sabtu lalu (8/3). Jika jadi, Pakistan akan menjadi negara ke-13 dalam operasi itu.

"Kami akan siap memberikan bantuan apapun yang diperlukan, tetapi saya tidak yakin apakah itu bisa terwujud," kata Kementerian Luar Negeri Pakistan, dalam satu pernyataan di Islamabad, Kamis.

"Ada kemungkinan Otoritas Penerbangan Sipil kami telah berbagi data dengan pemerintah Malaysia, tetapi saya tidak punya informasi yang telah terjadi," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Pakistan, Tasnim Aslam. 

Dia ditanya jurnalis, apakah Pakistan telah menawarkan bantuan dalam operasi penyelamatan untuk penerbangan Malaysia Airlines dari bandara Kuala Lumpur ke Beijing yang hilang itu. 

Angkatan Laut dan Angkatan Udara India, telah mengerahkan kapal perang dan pesawat terbang intai strategis mereka dalam misi SAR gabungan internasional atas MH370 Malaysia Airlines itu. Di antara mesin perang India itu adalah Boeing P-8i Poseidon, yang jauh lebih canggih ketimbang PC-3 Orion. 

Pesawat Boeing B-777-200ER  Malaysia Airlines dengan 239 orang di dalamnya, termasuk 12 awak dan tujuh penumpang warga negara Indonesia lenyap dari layar kontrol lalu lintas udara di pertengahan antara pantai timur Malaysia dan Vietnam.

Nasib pesawat tetap menjadi misteri karena tidak ada puing-puing yang telah diidentifikasi.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014