... Malaysia membuat permohonan itu melalui telepon... "
Hanoi (ANTARA News) - Vietnam diminta Malaysia ke perairan negara kesultanan di Semenanjung Malaka itu untuk mencari MH370 Malaysia Airlines yang dinyatakan hilang, sejak Sabtu lalu (8/3).

Wakil Kepala Komite Nasional Vietnam untuk Pencarian dan Penyelamatan, Vu The Chien, di Hanoi, Jumat, Malaysia membuat permohonan itu melalui telepon.

Vietnam sedang mempertimbangkan opsi itu, kata Vu, dan menambahkan, negara akan melakukan upaya pencarian hingga pesawat yang hilang itu bisa ditemukan.

"Pada Kamis pagi, Vietnam mengerahkan empat pesawat untuk misi pencarian itu," katanya.

Pesawat-pesawat ini terbang sepanjang rute udara yang diperkirakan diterbangi Boeing B-777-200ER itu, dan memperluasnya ke Teluk Thailand dan lebih jauh ke timur.

Sebuah pesawat terbang rendah di lepas landas Tanjung Ca Mau dan terbang sepanjang pantai Vung Tau, daerah ditutupi dengan hutan bakau dan kurang padat penduduknya, kata Chien.

Vietnam memperpanjang pencarian pada Kamis sore, katanya menambahkan.

Vietnam telah mengirim tujuh kapal ke perairan antara Vietnam dan Malaysia pada Kamis, menurut Chien.

Setelah bertukar pembicaraan dengan atase militer dari kedutaan Malaysia dan kedutaan Singapura untuk Vietnam pada Kamis pagi tentang sinyal yang terdeteksi di Selat Malaka, ketiga pihak menyimpulkan bahwa mereka harus melanjutkan misi pencarian.

Dua pesawat tambahan Vietnam telah diterbangkan ke daerah di mana tiga benda mengambang yang terlihat oleh satelit China, tetapi sejauh ini tidak ada yang ditemukan.

Sebuah kapal Vietnam kini dalam perjalanan ke daerah untuk pemeriksaan lebih lanjut, kata Chien, dan menambahkan bahwa Vietnam tidak akan meninggalkan petunjuk apapun yang mungkin untuk menemukan pesawat yang hilang itu.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014