Soekarwo nilai pers Jatim luar biasa

Soekarwo nilai pers Jatim luar biasa

Gubernur Jawa Timur Soekarwo (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

Demokrasi di Indonesia perlu kontrol..."
Surabaya (ANTARA News) - Gubernur Jawa Timur Soekarwo menilai peran pers sangat luar biasa sebagai pengontrol sekaligus pilar keempat demokrasi bangsa ini.

"Demokrasi di Indonesia perlu kontrol dan pengawasan dari semuanya, termasuk pers," ujarnya di sela malam resepsi puncak peringatan Hari Pers Nasional 2014 dan HUT ke-68 PWI tingkat Jatim di Surabaya, Rabu malam.

Pihaknya mengapresiasi perjuangan pers yang sejak dulu hingga sekarang tetap konsisten membela kepentingan bangsa. Menurut dia, saat ini semuanya banyak belajar dari pers karena telah melakukan pendewasaan.

Di tempat yang sama, Panglima TNI Jendereal Moeldoko mengapresiasi kinerja pers Indonesia, khususnya di Jawa Timur yang selama ini dikenal sebagai mitra dan corong informasi untuk publik.

Dalam kesempatan tersebut, mantan KSAD itu mendapat penghargaan dari PWI Jatim atas dedikasinya selama ini. Selain itu, kinerja TNI dalam penanganan maupun setelah proses rekonstruksi bangunan akibat erupsi Gunung Kelud sangat membantu.

"Terus terang saya kaget dengan penghargaan yang diberikan. Tapi ini sebagai motivasi untuk semakin berbuat yang terbaik demi bangsa. Terima kasih kepada PWI dan insan pers Jatim," katanya.

Penghargaan terhadap tokoh nasional juga diberikan kepada Ketua Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Maarif, Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM Surono, dan Gubernur Sulawesi Utara Sinyo Harry Sarundajang.

Sedangkan dari tokoh daerah terdapat Asisten II Sekdaprov Jatim Hadi Prasetyo, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah dan Bupati Gresik Sambari Halim Radianto.

Pada tahun ini, PWI Jatim juga memberikan penghargaan khusus kepada Gubernur Jatim Soekarwo, Kapolda Irjen Pol Unggung Cahyono, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Ediwan Prabowo, Pangarmatim Laksda TNI Agung Pramono, Bupati Blitar Herry Nugroho, Bupati Malang Rendra Kresna, Wali Kota Batu Eddy Rumpoko, dan Bupati Kediri Haryanti Sutrisno.

"Penghargaan khusus kepada delapan tokoh tersebut merupakan bentuk apresiasi atas kerja keras dan upayanya dalam penanganan dampak erupsi Gunung Kelud beberapa waktu lalu, sehingga korban jiwa bisa diminimalkan," ujar Ketua PWI Jatim, Akhmad Munir.

Selain para tokoh tersebut, penghargaan juga diberikan kepada pimpinan Harian Duta Masyarakat Choirul Anam sebagai tokoh media Jatim, kemudian Basofi Sudirman (mantan Gubernur Jatim) dan Log Zhelebour (promotor musik rock) sebagai tokoh sepanjang masa (lifetime achievement award).

Sementara Wakil Ketua Umum PSSI yang juga Ketua Badan Tim Nasional PSSI La Nyalla Mahmud Mattalitti dan mantan Kepala Humas SKK Migas Elan Biantoro dianugerahi penghargaan "Newsmaker 2013".

Untuk penerima PWI Jatim Award untuk kategori institusi atau lembaga adalah PT Petrokimia Gresik, PT Pertamina Hulu Energi, Wings Groups, Koperasi Warga Semen Gresik, dan Dinas Pertanian Provinsi Jatim.

"Malam resepsi merupakan puncak dari berbagai rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan PWI Jatim dalam peringatan HPN dan HUT ke-68 PWI," kata Akhmad yang juga Kepala LKBN ANTARA Biro Jatim tersebut.  (FQH/M026)

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Komentar