Paris (ANTARA News) - Jumlah pengangguran di Prancis melonjak sebesar 0,9 persen pada Februari ke rekor baru 3,34 juta, kementerian tenaga kerja mengatakan pada Rabu.

Jumlah pencari kerja baru naik 31.500 pada bulan lalu, katanya, mengakui telah terjadi "lonjakan tajam" pengangguran, lapor AFP.

Kenaikan ini kemungkinan akan memberikan peningkatan tekanan kepada Presiden Francois Hollande, karena jumlah keseluruhan pencari kerja telah meningkat lebih dari 420.000 sejak ia menjabat pada Mei 2012.

Hollande dari Partai Sosialis sedang berjuang untuk meningkatkan ekonomi stagnan Prancis dan diperkirakan partainya akan mengalami kegagalan jajak pendapat besar di putaran kedua pemilihan wali kota pada Minggu, yang dapat menyebabkan perombakan kabinet.

Kementerian tenaga kerja berjanji pemerintah akan "melanjutkan dan mengintensifkan" upayanya untuk memerangi pengangguran setelah merilis angka terbaru.

Namun, Jean-Francois Cope, pemimpin oposisi utama tengah-kanan partai UMP, mengatakan angka tersebut "peringatan lain yang ditembakkan kepada pemerintah".

Dia mendesak para pemilih dalam pemilu lokal pada Minggu untuk "menghukum" pemerintah untuk "menyangkal realitas dan menolak mendengar kemarahan rakyat Prancis".


Penerjemah: Apep Suhendar

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014