Ini adalah momentum yang sangat baik untuk perkembangan kegiatan drum band, marching band, drum corps, maupun militer dan polisi band di Indonesia."
Jakarta (ANTARA News) - Pengurus Besar Persatuan Drum Band Indonesia (PB PDBI) resmi berafiliasi dengan asosiasi marching band dunia, World Association of Marching Show Band (WAMSB), Minggu (6/4).

PB PDBI merupakan induk organisasi untuk olahraga drum band, marching band, drum corps, dan militer serta polisi band di bawah naungan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) pusat.

"Ini adalah momentum yang sangat baik untuk perkembangan kegiatan drum band, marching band, drum corps, maupun militer dan polisi band di Indonesia," kata Raharjo selaku Ketua Umum PB PDBI dalam keterangan persnya di Jakarta, Minggu sore (6/4).

"Berafiliasi dengan WAMSB, kita mendapat banyak manfaat terutama bantuan informasi dan teknis untuk peraturan dan pelatihan bagi juri dan pelatih sesuai perkembangan dunia, juga berkesempatan berkiprah di dunia internasional," ungkapnya.

Raharjo menambahkan, keinginan untuk berafiliasi sudah diusulkan sejak beberapa tahun lalu namun baru terlaksana saat ini.

Selain berafiliasi, PB PDBI juga ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan rapat pembentukan WAMSB South East Asia (SEA) yang dilaksanakan 27-29 Maret 2014 lalu di Desa Gumanti, Bogor, yang dihadiri tujuh negara, Indonesia, Kamboja, Malaysia, Filipina, Thailand, Vietnam dan Amerika Serikat.

Hasil rapat tersebut disepakati sekretariat WAMSB SEA berada di Jakarta dan untuk sementara masih bergabung dengan PB PDBI.

Pada tempat yang sama juga dilaksanakan pelatihan WAMSB One World Judge System, yang diikuti 102 peserta utusan PDBI seluruh Indonesia agar lebih memahami peraturan lomba dan sistem penjurian berstandar internasional.

"Ini merupakan langkah kita kedepan karena perkembangan marching band internasional begitu pesat sehingga kita berafiliasi dengan organisasi dunia, semoga kita bisa maju sejalan dengan perkembangan internasional," pungkas Raharjo.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014