Sebagian besar kertas suara tidak terpakai dan akan dikembalikan ke kantor distrik."
Jayapura (ANTARA News) - Sedikitnya 675 kertas suara tidak terpakai di tempat pemungutan suara 31 di Kelurahan Awiyo, Distrik Abepura, Jayapura.

Pantauan Antara, TPS 31 terletak persis di halaman Rumah Sakit Jiwa Daerah Abepura.

Sekretaris TPS 31, Marthen Imbiri di Jayapura, Rabu merinci 675 kertas suara tersisa itu antara lain terdiri atas 161 kertas suara Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, dan 171 untuk DPR RI.

Dari data yang diperoleh, jumlah total kertas suara yang tidak terpakai sebanyak 675. Sementara total kertas suara yang diterima TPS setempat sebanyak 1.853 kertas suara. "Sebagian besar kertas suara tidak terpakai dan akan dikembalikan ke kantor distrik," kata Yonathan Samai.

Menurut Yonathan, sebagian besar masyarakat di sekitar kompleks rumah sakit jiwa itu memilih tidak ke TPS untuk menyalurkan hak pilihnya. Sebagian di antara mereka mengaku tidak datang karena tidak menerima kertas undangan.

"Banyak masyarakat yang bilang tidak datang pilih karena tidak dapat undangan untuk memilih sementara yang lain mengaku tidak menyalurkan hak suara karena tidak tercantum di daftar pemilih tetap," tuturnya.

Dia menambahkan, jumlah pemilih yang masuk daftar pemilih tetap sebanyak 461 orang. Sementara itu, Ribka Aponno anggota pengawas pemilu di TPS 31 yang ditemui secara terpisah mengatakan dari pengamatannya sejak pagi warga jarang datang ke TPS untuk memilih.  (MUS/KWR)

Pewarta: Musa Abubar
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014