Jakarta (ANTARA News) - Hangtuah Sumatera Selatan Indonesia Muda berhasil menundukkan pesaing mereka Bimasakti Nikko Steel Malang dengan skor 78-53 dalam laga lanjutan Seri V Liga Bola Basket Nasional (NBL) Indonesia 2013-2014 di Hall Basket A Senayan, Jakarta, Sabtu.

Hasil tersebut membuat Hangtuah mengemas 35 poin dari sembilan kemenangan dan 17 kekalahan sekaligus membayangi Bimasakti (36, 10-16) yang berada di peringkat ketujuh klasemen sementara.

Kemenangan atas Bimasakti memperlihatkan ketahanan fisik yang signifikan dari para pemain Hangtuah, yang sehari sebelumnya bermain selama hampir tiga jam melawan Stadium (37, 13-11) berkat tiga kali "overtime" dan kalah 89-92.

Hal itu juga diakui oleh Asisten Pelatih Hangtuah Koko Heru Nugroho yang mengapresiasi penampilan dan ketahanan stamina para pemainnya.

"Semua kesempatan berhasil dieksekusi dengan baik oleh anak-anak. Salut buat semua pemain karena mereka bisa kembali bugar setelah semalam melakoni tiga kali `overtime`," katanya usai kemenangan Hangtuah.

Pebasket gaek Agustinus "Aguy" Dapas Sigar menjadi bintang kemenangan Hangtuah kali ini dengan menjadi pengemas angka terbanyak, 14 poin, hasil dari melantai selama 28 menit dua detik.

Sementara itu, tulang punggung Hangtuah kala ditundukkan Stadium, Adhi Prasetyo Putra, juga tampil kontributif dengan mencetak delapan angka dan lima "rebound" meski hanya melantai 17 menit tujuh detik saja.

Pertandingan itu menjadi laga terakhir kedua tim di Seri V.

Hangtuah memperoleh keunggulan cepat dalam laga tersebut dengan mengakhiri kuarter pertama dalam kedudukan 23-19.

Memasuki kuarter kedua, Hangtuah masih mampu mempertahankan keunggulan dengan kedudukan 41-37.

Pada kuarter ketiga, Bimasakti berusaha mendekati perolehan Hangtuah dengan mencetak 14 angka tambahan.

Nahas bagi mereka, meski hanya mencetak 12 angka tambahan, Hangtuah masih mampu unggul 53-51 di akhir kuarter ketiga.

Sepuluh menit terakhir, Bimasakti justru terlihat sangat kepayahan, memperoleh hanya dua angka tambahan saja.

Kontras dari itu, Hangtuah justru mencetak 15 angka tambahan, melejit untuk mengakhiri laga dengan kemenangan 78-53.

Hasil itu membuat Hangtuah memperoleh catatan positif di Seri V, mengoleksi tiga kemenangan dan dua kekalahan.

Sementara itu, Bimasakti membukukan catatan tiga kemenangan dan tiga kekalahan dari enam laga yang mereka jalani di Seri V.


Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014