Pekanbaru (ANTARA News) - Pendistribusian naskah soal Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sederajat ke berbagai kabupaten/kota di Provinsi Riau telah tuntas, Jumat.

"Pendistribusian dilaksanakan sejak pekan lalu dimulai dari sejumlah daerah terjauh dan tersulit. Terakhir, hari ini adalah untuk Kota Pekanbaru," kata Kepala Disdik Riau Dwi Agus Sumarno kepada pers lewat sambungan telepon, Jumat siang.

Pendistribusian soal, menurut dia, berjalan dengan baik tanpa ada angguan teknis yang besar atau tidak begitu menghambat proses jelang UN 5 Mei mendatang.

Nahkas soal UN yang telah didistribusikan ke daerah kabupaten/kota itu juga telah diserahterimakan oleh petugas pengantar dari Disdik Riau kepada Ketua Tim UN tingkat kabupaten/kota.

"Baru kemudian, untuk keamanan dan kerahasiaan, maka naskah soal UN akan disimpan oleh panitia di kantor polisi resort yang ada di tiap kecamatan," katanya.

Namun sebagian, kata dia, ada juga yang disimpan di Kantor Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Dinas Pendidikan terdekat dengan sekolah.

Namun pihak sekolah, menurut dia, belum diperbolehkan untuk mengambil naskah soal UN tersebut hingga pelaksanaan pada 5 Mei mendatang.

Data Dinas Pendidikan Riau menyebutkan, Ujian Nasional tingkat SMP/sederajat tahun ini diikuti oleh 95.028 peserta, dengan rincian SMP 70.065 peserta, SMPT 165 peserta, MTs sebanyak 22.075 peserta.

"Selanjutnya ada juga SMP Luar Biasa sebanyak 20 peserta, dan peserta Peket B setara SMP ada sebanyak 2.703 orang," katanya.

Pewarta: Fazar Muhardi
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014