Baghdad (ANTARA News) - Sepuluh peziarah Syiah tewas dan 29 orang lagi cedera dalam tiga serangan pada Sabtu (3/5), setelah mereka ikut dalam acara keagamaan di Irak Utara, kata polisi.

Beberapa pria tak dikenal yang bersenjata menyerang rombongan peziarah Syiah di satu jalan utama di dekat Kota Balad, 80 kilometer di sebelah utara Ibu Kota Irak, Baghdad, menewaskan delapan di antara mereka dan melukai 15 orang lagi, kata satu sumber polisi lokal kepada Xinhua.

Di satu jembatan di sebelah utara Balad, beberapa lagi pria tak dikenal yang bersenjata juga melepaskan tembakan ke arah peziarah Syiah, menewaskan satu orang di antara mereka dan melukai lima orang lagi, tambah sumber itu.

Seorang peziarah Syiah tewas dan sembilan orang lagi cedera saat beberapa kabupaten di Samarra, 120 kilometer di sebelah utara Baghdad, diserang bom mortir, kata polisi setempat, sebagaimana dilaporkan Xinhua, Minggu pagi.

Para peziarah Syiah tersebut ikut dalam peringatan wafatnya Imam Ali Al-Hadi, salah satu dari 12 imam suci aliran Syiah.

Jenazah Imam Ali Al-Hadi dan putranya, Hasa Al-Askari --juga salah satu dari 12 imam suci Syiah, disemayamkan di Masjid Al-Askari di Samarra.

(Uu.C003)

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014