Jakarta (ANTARA News) - Komunitas pengusaha dan profesional pendukung Joko Widodo, Entrepreneur and Professional for Jokowi (EP for Jokowi) berharap kelompok dan komunitas pendukung capres PDIP itu bisa bersatu untuk memenangkan gubernur DKI Jakarta tersebut menjadi presiden.

"Kami sangat bangga melihat banyak komunitas yang muncul untuk mendukung Pak Joko Widodo menjadi orang nomor satu di negeri ini. Jadi, kami melihat secara visi sudah ada kesamaan," kata Koordinator EP for Jokowi Hasnil Fajri melalui siaran pers diterima di Jakarta, Minggu.

Hasnil mengatakan bila komunitas itu bersatu dan bertemu, ia yakin dukungan kepada Jokowi semakin bulat.

"Apalagi kalau itu semua berkumpul, pasti akan membuahkan hasil yang lebih baik untuk langkah Jokowi dan cawapresnya saat putaran pemilihan presiden," tuturnya.

Komunitas yang menyatakan diri sebagai pendukung Jokowi antara lain Relawan Pro Jokowi (Projo), EP for Jokowi, Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP), Jokowi Advanced Social Media Volunteers (Jasmev), Jokowi for Presiden, Relawan Koalisi Indonesia Hebat, Alumni Universitas Trisakti Jakarta, Komunitas alumni ITB.

Kemudian Poros Jokowi NTT, Sekretaris Nasional (Seknas) Jaringan Organisasi, Komunitas dan Warga Indonesia (Jokowi) Wilayah Sulawesi, Sekretariat Nasional Joko Widodo (Seknas Jokowi), Seknas Muda Jokowi, Seknas Petani Jokowi, dan lain sebagainya.

Hasnil mengatakan munculnya relawan atau "fansclub" calon presiden merupakan fenomena politik pemilih yang berorientasi kepada figur atau sosok.

Menurut dia, relawan terbentuk karena adanya gairah politik dari sosok alternatif baru untuk membawa Indonesia lebih baik.

(D018/T007)

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014