Manchester (ANTARA News) - Debutan remaja James Wilson mencetak dua gol ketika muka lama dan baru Manchester United menang 3-1 di kandang dari tamunya Hull City Rabu dini hari tadi.

Manakala Wilson yang berusia 18 tahun memperkenalkan dirinya di Old Trafford, kapten Nemanja Vidic mempersembahkan penampilkan kandang terakhirnya, dan juga kameo dari si legenda United Ryan Giggs yag bisa disebut sebagai salam perpisahan darinya.

Vidic akan bergabung dengan Inter Milan dalam status bebas transfer setelah pertandingan terakhir United melawan Southampton hari Minggu nanti, sedangkan Giggs yang berusia 40 tahun dan saat ini menjadi manajer sementara, akan segera habis kontraknya.

Untuk laga kandang terakhirnya dalam peran pelatih sementaranya itu menjelang masuknya Louis van Gaal yang dinanti-nantikan, Giggs pamitan kepada tradisi klub dengan memasukkan dua pemain muda James Wilson dan Tom Lawrence yang berusia 20 tahun.

Wilson mencetak dua gol pada masing-masing babak, sedangkan pemain pengganti Robin van Persie mempersembahkan satu gol lainnya di menit-menit terakhir setelah Matty Fryatt memperkecil kedudukan bagi Hull yang merupakan finalis Piala FA ketika United menutup laga kandang dengan hasil positif menyusul sebuah musim yang buruk.

Giggs memasukkan dirinya sendiri dalam skuad, selain Vidic sebagai salah satu pemain pengganti United , namun kejutan terbesar adalah masuknya dua debutan Wilson dan Lawrence dalam daftar starting eleven.

Vidic masuk lebih lambat dibandingkan yang ditunggu pada menit 22 setelah Phil Jones terpaksa keluar lapangan kaibat cedera bahu yang akan menjadi keperihatian besar pelatih timnas Inggris Roy Hodgson.

Bek serba guna itu dibawa ke rumah sakit setelah meninggalkan lapangan menyusul tabrakan dengan Maynor Figueroa, namun gol pembuka dari Wilson pada menit 31 membantu menaikkan gairah seisi Old Trafford.

Tendangan bebas dari pemain sayap kiri Adnan Januzaj disambut sundulan yang membentur tiang gawang oleh Marouane Fellaini, dan pemain remaja Belgia itu memperlihatkan insting seorang striker beberapa tahun setelah tampil di tim senior lewat sebuah tendangan setengah volley dari kaki kirinya.

Januzaj inspiratif

Hull tidak menciptakan satu pun peluang pada babak pertama dan manajer Steve Bruce yang mantan kapten United itu bereaksi dengan memasukkan Fryatt dan Yannick Sagbo pada babak kedua, namun tuan rumah masih terlalu tangguh.

Wilson melepaskan volley yang melebar dari gawang, sedangkan sebuah tendangan Januzaj ditepis kiper Hull Eldin Jakupovic sebelum Wilson menciptakan gol keduanya pada menit 61.

Januzaj, salah satu sumber inovasi permainan United yang konsisten, menjadi arsitek gol kedua ini saat serangannya dari sektor kanan permainan diteruskannya kepada Fellaini yang tendangannya diblok Jakupovic namun bola memantul ke arah Wilson yang tak ayal dijadikannya menjadi gol.

Giggs lalu memasukkan Van Persie dalam posisi yang biasa dia tempati setelah Fryatt memperkecil ketinggalan Hull dengan tembakan dari jarak 25 yard pada menit 63.

Giggs sendiri kemudian masuk bermain dan mendapat standing ovation begitu menggantikan Lawrence yang menandai penampilan ke-963 dia bersama United.

Teriakan "tembak" digemakan pendukung United kapan pun Giggs menyentuh bola, namun meskipun tidak menciptakan gol dia turut menyumbangkan sebuah assist tatkala sebuah umpan khasnya pada menit 86 dikonversi Van Persie menjadi gol, setelah upayanya sendiri dibendung seorang bek Hull.

Sebuah tendangan bebas pada masa injury menjadi peluang untuk akhiri yang sempurna, namun sundulan Giggs menyambut tendangan itu mampu diselamatkan Jakupovic, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014