Bukarest (ANTARA News) - Steaua Bucharest meraih gelar juara Liga Romania untuk ke-25 kalinya dan mendapat tempat ke kompetisi putaran kedua Liga Champions mendatang, setelah Kamis menang 1-0 atas Universitatea Cluj.

Juara Piala Eropa 1986 itu kini menyimpan 74 poin dengan sisa tiga pertandingan, unggul 10 poin atas tim urutan kedua Petrolul Ploiesti.

Pemain tengah Andrei Prepelita mencetak gol kemenangan itu dengan memanfaatkan bola lambung dari tendangan pojok Lucian Sanmartean sebelum turun minum, merupakan golnya yang ketiga musim ini, sehingga menimbulkan pesta pora berkepanjangan bagi pendukungnya di Cluj Arena.

Steaua mendominasi permainan sejak awal dan kelihatannya amat mudah untuk menambah angka mereka, namun beberapa peluang emas tidak dapat diselesaikan dengan sempurna.

"Ini merupakan momen hebat bagi semua pendukung Steaua," kata Ketua klub Helmuth Duckadam kepada wartawan.

Tim yang bermarkas di Bucharest itu dapat menambah piala mereka bila menang pada pertandingan final Piala Rokania pada 23 Mei mendatang.

"Kami masih harus memainkan laga final piala domestik, kemudian kami memulai persiapan untuk Liga Champions," kata Duckadam.

Seorang pendukung Universitatea masuk ke bagian tepi lapangan dan mencoba memukul pemain bertahan Steaua Cape Verde, Fernando Varela, ketika sedang bersiap melakukan lemparan bebas, tapi polisi dengan cepat bereaksi menahannya.

Tim tuan rumah bermain dengan 10 orang setelah Ionut Tarnacop dikeluarkan dari lapangan karena mendapat kartu hukuman kedua, karena ia menyiku pemain tengah Steaua Adrian Popa pada pertambahan waktu.

Steaua merupakan klub paling sukses di Romania, dengan menyandang 52 piala domestik termasuk 21 piala nasional dan enam Supercups.

Tim dari Bucharest itu, dididikan pada 1947 sebagai klub tentara, belum pernah terdegradasi dan hanya lima kali berada di bawah urutan keenam klasemen di kompetisi papan tas negara Balkan itu, demikian Reuters.

(Uu.A008/A016)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014