Tingkatkan Kewaspadaan, khususnya setelah WHO menyatakan bahwa MERS-CoV berpotensi menjadi kedaruratan kesehatan masyarakat yang meresahkan dunia,"
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat Agung (Menkokesra) Laksono meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kasus Sindrom Pernapasan Timur Tengah atau Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS-CoV).

"Tingkatkan Kewaspadaan, khususnya setelah WHO menyatakan bahwa MERS-CoV berpotensi menjadi kedaruratan kesehatan masyarakat yang meresahkan dunia," kata Agung Laksono di Jakarta, Minggu.

Agung juga meminta semua pemangku kepentingan terkait untuk meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat khususnya kepada mereka yang ingin bepergian ke Timur Tengah.

Agung juga mengimbau masyarakat yang akan berangkat umrah untuk memperhatikan peringatan yang dikeluarkan pemerintah Arab Saudi.

"Khususnya bagi mereka yang berusia di bawah 4 tahun, di atas 60 tahun dan yang memiliki riwayat penyakit kronis," katanya.

Pemerintah Indonesia, kata Agung, sudah melakukan upaya yang diperlukan untuk mencegah penyebaran MERS-CoV di masyarakat dengan meningkatkan kemampuan deteksi melalui pintu pintu masuk di Indonesia seperti pelabuhan laut dan udara.

"Di tempat-tempat tersebut telah ada Kantor Kesehatan Pelabuhan yang melakukan pengamatan dan pemindaian atau screening," katanya.

Sementara itu, sebagai tindak lanjut Rapat Koordinasi Tingkat Menteri tentang antisipasi MERS-CoV, Panel Ahli Komisi Nasional Pengendalian Zoonosis juga telah melaksanakan koordinasi dengan perwakilan Kementerian Anggota Komisi Nasional Pengendalian Zoonosis dan Perwakilan WHO untuk Indonesia.(*)

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014