Warga inginnya buaya ini dibuang jauh-jauh atau diserahkan kepada pemerintah daerah untuk dikembangbiakkan di Hutan Pemali, Kabupaten Bangka."
Koba (ANTARA News) - Seorang pawang, Maspian (35) berhasil menangkap seekor buaya berkaki buntung yang selama ini sering muncul dan meresahkan warga Desa Guntung, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung.

"Buaya kaki buntung ini kabarnya sudah pernah ditangkap kemudian kembali dilepas dan beberapa hari ini sering muncul yang membuat warga takut," kata Maspian di Koba, Selasa.

Ia mengaku membutuhkan waktu satu jam untuk menaklukan hewan buas itu karena melakukan perlawanan saat ditangkap di muara Sungai Guntung.

"Buaya ini sering muncul di muara Sungai Guntung, warga sering melihat dan bahkan murid sekolah dasar sering main di muara karena dekat dari SDN 9," ujarnya.

Situasi tersebut membuat warga setempat khawatir buaya dengan panjang mencapai hampir tiga meter itu memangsa manusia yang sering main di muara sungai.

"Makanya kami tangkap, sekarang terserah warga apakah dilepas kembali atau seperti apa terserah karena saya hanya menangkapnya saja," katanya.

Tertangkapnya buaya itu sempat menghebohkan warga sekitar dan menjadi tontonan anak-anak ketika binatang itu dibawa ke daratan.

Warga menginginkan buaya itu dibuang jauh-jauh agar tidak lagi berkeliaran di aliran Sungai Guntung karena selama ini sudah meresahkan.

"Warga inginnya buaya ini dibuang jauh-jauh atau diserahkan kepada pemerintah daerah untuk dikembangbiakkan di Hutan Pemali, Kabupaten Bangka," katanya.  (OSH/R014)

Pewarta: Ongku Sutan Harahap
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014