Pengumuman kelulusan UN 2014 pada 20 Mei mendatang tidak kami berikan surat kelulusan secara langsung kepada siswa, tetapi diumumkan melalui website sekolah http://www.sman1-sekayu.sch.id,"
Muba, Sumsel (ANTARA News) - Kepala Sekolah Menegah Atas di Kota Sekayu, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, akan mengumumkan kelulusan ujian nasional siswanya tidak secara langsung kepada siswa bersanghkutan tetapi melalui jaringan internet website khusus sekolah.

"Pengumuman kelulusan UN 2014 pada 20 Mei mendatang tidak kami berikan surat kelulusan secara langsung kepada siswa, tetapi diumumkan melalui website sekolah http://www.sman1-sekayu.sch.id," kata Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Sekayu, Armansyah pada acara pelepasan siswa kelas XII di Sekayu, Rabu.

Menurutnya, keputusan pengumuman kelulusan melalui teknologi informasi (IT) itu dilakukan untuk mencegah aksi konvoi dan corat coret pakaian seragam sekolah oleh siswa yang merayakan hari kebahagian setelah dinyatakan lulus SMA.

Selain itu juga dilakukan untuk mencegah timbulnya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat, karena biasanya siswa yang lulus akan melakukan aksi keliling kota dengan menggunakan kendaraan bermotor yang berpotensi mencelakai diri sendiri dan pengguna jalan lainnya, katanya.

Untuk mendukung kebijakan itu, diharapkan kepada parang orang tua agar memperhatikan aktivitas putra-putrinya pada 20 Mei nanti, agar tidak melakukan aksi yang berpotensi menimbulkan kerugian banyak pihak serta mengganggu kamtibmas itu.

Setelah lulus SMA masih banyak hal yang harus disiapkan, jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sehingga dapat mengganggu langkah melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, katanya.

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Musi Banyuasin Sohan Majid pada kesempatan itu mengatakan, siswa yang lulus dari SMA diharapkan dapat mempersiapkan diri melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, jangan terlena dengan kebahagiaan sesaat mendapat kelulusan ujian nasional.

Bagi masyarakat yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, pihaknya siap memfasilitasinya mendapatkan pendidikan yang terus menerus tidak terputus hingga ke jenjang perguruan tinggi, kata Sohan.(Y009/Z002)

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014