Saya yakin bisa bekerja sama, apalagi saya kenal Pak Chairul sudah lama,"
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Keuangan Chatib Basri mengaku siap melanjutkan kemitraan dengan Chairul Tanjung yang baru terpilih sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian untuk menggantikan posisi Hatta Rajasa yang telah mengundurkan diri.

"Saya yakin bisa bekerja sama, apalagi saya kenal Pak Chairul sudah lama," ujarnya saat ditemui di Jakarta, Jumat.

Chatib mengatakan sangat mengetahui rekam jejak Chairul Tanjung, terutama ketika mereka saling bekerja sama di Komite Ekonomi Nasional (KEN), dan pengalaman itu diharapkan dapat mempermudah koordinasi keduanya dalam menjalankan pemerintahan.

"Kita dulu bareng-bareng di KEN, dulu dia dan sampai sekarang adalah ketua, saya wakil ketua. Nanti kita tinggal selesaikan saja, apa yang sudah menjadi program (pemerintah) sebelumnya," ujarnya.

Secara pribadi, Chatib mengucapkan selamat dan mengharapkan Chairul Tanjung dapat sukses mengemban tugas kenegaraan yang akan dijalani dalam waktu singkat, yaitu kurang lebih selama lima bulan.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menunjuk Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) Chairul Tanjung sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, hingga masa berakhirnya Kabinet Indonesia Bersatu II pada Oktober 2014.

Menurut Presiden, Chairul Tanjung merupakan sosok yang memiliki kecakapan yang layak dan memiliki komitmen yang tinggi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Tanah Air.

SBY juga mengingatkan bahwa Chairul bukanlah orang baru karena kapasitasnya sebagai Ketua KEN selama ini telah membantu pemerintah dalam mengatasi permasalahan ekonomi.

"KEN bukanlah forum akademik tetapi tempat berkumpulnya praktisi di dunia usaha termasuk para pakar dan ekonom. Saya menilai Bapak Chairul Tanjung berhasil dalam menyatukan kalangan," katanya.

Ia juga mengatakan, meski KEN sebenarnya bukanlah badan penentu kebijakan, tetapi pandangan dan rekomendasi yang dihasilkan KEN di bawah pimpinan Chairul Tanjung sangat berguna dalam pembuatan kebijakan.
(S034/C004)

Pewarta: Satyagraha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014