Misi Ketua Umum Partai Demokrat mendongkrak suara partai melalui konvensi berhasil..."
Jakarta (ANTARA News) - Pengamat politik dari Universitas Paramadina Jakarta Ikhsan Tualeka menilai sasaran utama Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat hanya untuk mendongkrak popularitas partai ini.

"Misi Ketua Umum Partai Demokrat mendongkrak suara partai melalui konvensi berhasil karena perolehan suara Partai Demokrat pada Pemilu Legislatif 2014 meningkat dibandingkan prediksi sebagian pengamat pada Februari tahun lalu," kata Ikhsan di Jakarta, Minggu.

Hasil survei sebuah lembaga survei terkenal Februari 2014 menyebutkan elektabilitas Partai Demokrat turun tajam menembus lima persen, namun Konvensi Calon Presiden membuat suara partai Demokrat meningkat, kata dia.

"Perolehan suara ini sudah meningkat signifikan dibandingkan dengan hasil survei pada Februari 2013," katanya merujuk perolehan suara Demokrat yang mencapai 10,19 persen pada Pemilu Legislatif 2014.

Namun Ikhsan meminta Demokrat untuk tidak mengabaikan tokoh-tokoh muda yang memiliki integritas dan rekam jejak, baik sebagai peserta konvensi dan telah memberikan pendidikan politik kepada masyarakat seperti Anies R Baswedan dan Dino Patti Djalal.

"Anis Baswedan dan Dino Patti mundur dari jabatannya ketika menjadi peserta konvensi, untuk mengedepankan etika politik dari ambisi kekuasaan," katanya.

Anis mundur dari jabatan Rektor Universitas Paramadina Jakarta, sedangkan Dino mundur dari jabatan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat.

Ikhsan ingin Partai Demokrat tidak mengorbankan para peserta konvensi yang memiliki kapasitas, integritas, dan telah berkontribusi untuk Partai Demokrat tersebut.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014