Makassar (ANTARA News) - Pemerintah Kota Makassar menggagas kejuaraan olah raga baseball tingkat ASEAN yang akan mulai digelar pada September 2014.

"Kota Makassar sebagai salah satu kota metropolitan di Indonesia mempunyai banyak potensi-potensi yang bisa dimaksimalkan, termasuk di bidang olahraga. Salah satu olahraga yang akan kita kembangkan yakni baseball," ujar Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto di Makassar, Minggu.

Ia mengatakan, kejuaraan olahraga baseball yang akan digelar pada September itu terlaksana berkat kerjasama dengan Pengurus Perserikatan Baseball Amatir Seluruh Indonesia (PERBASASI) Sulsel.

"Kita ingin menjadikan kota ini gudangnya olahraga. Selain itu kita kembalikan citra Makassar di negara lain. Kita buktikan, kalau sepak bola jatuh terus maka kita akan coba bangkit dan berprestasi pada cabang olahraga lainnya," tegasnya.

Danny, sapaan akrab wali kota yang juga ketua umum pengurus PERBASASI Sulsel ini menyampaikan tekad kuatnya untuk memajukan olaraga baseball di Sulsel, khususnya di Makassar.

Karena itu, pihaknya pun mengaku akan bekerja maksimal dalam mempersiapkan kejuaraan tersebut sehingga menjadi penyelenggara olahraga terbaik dimana akan diikuti oleh atlet-atlet dari ASEAN.

Sementara itu, untuk pelaksanaan kegiatan ini akan dilangsungkan di beberapa tempat yakni, gedung olahraga (GOR) Sudiang serta Lapangan Karebosi Makassar.

Bukan cuma itu, Danny juga telah memohon izin secara lisan ke Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo untuk membangun satu lapangan khusus di CPI (Central Point of Indonesia).

Alasan Danny memilih CPI karena letaknya yang memiliki front water 360 derajat. Ia juga menganggap tempat tersebut merupakan ikon kebanggaan Makassar sehingga gaung kegiatan tersebut akan lebih besar dan menjadi perbincangan di enam negara ASEAN.

Wakil Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi, PERBASASI Sulsel, Ardiansyah Abidin menjelaskan bahwa kegiatan yang digelar 4-6 September 2014 sudah dipersiapkannya jauh-jauh hari.

Bahkan pria yang juga pelatih baseball ini mengatakan bahwa pihaknya telah rutin melakukan latihan dan pembinaan terhadap kontingen yang akan berlaga nantinya di Kabupaten Bone.

Selain kejuaraan tingkat ASEAN ini, Danny juga berencana akan lebih membumikan olahraga softball ini di berbagai elemen masyarakat, khususnya pada anak-anak sekolah dan remaja.

"Saya akan mengundang sekolah-sekolah di Sulsel beserta guru-guru olahraganya, kita fasilitasi penginapan kita ajak mereka nonton dan kalau perlu kita juga menggelar turnamen baseball tingkat pelajar dan mahasiswa," jelasnya.

Lebih jauh, Danny akan segera mengkonsultasikan olahraga ini kepada Dinas Pendidikan menanyakan prosedur untuk memasukkannya kedalam kurikulum pelajaran di sekolah.  (MH/F003)

Pewarta: Muh Hasanuddin
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014