... pemerintah menggelar operasi pemboman terhadap distrik-distrik yang dikuasai pemberontak... "
Beirut, Lebanon (ANTARA News) - Bom barel dan serangan udara lain pemerintah Suriah ke distrik Aleppo dan daerah sekitarnya sejak Januari menewaskan 1.963 warga, termasuk 567 anak-anak, kata kelompok pemantau, Jumat.

Sejumlah 283 wanita juga termasuk di antara yang dipastikan tewas akibat serangan udara, kata Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR), yang mengandalkan jaringan dokter dan pegiat di lapangan bagi laporannya.

Kelompok pemantau yang bermarkas di Inggris itu mengatakan para korban yang dicatatnya itu tewas antara 1 Januari dan Kamis malam di daerah-daerah yang dikuasai pemberontak kota utara itu dan sekitarnya.

Daerah Aleppo, bekas kota bisnis Suriah, terbagi dua antara pemerintah dan pemberontak sejak serangan pemberontak tahun 2012.

Pesawat tempur pemerintah menggelar operasi pemboman terhadap distrik-distrik yang dikuasai pemberontak di timur pada pertengahan Desember, sering menjatuhkan bom-bom barrel.

Penggunaan senjata-senjata itu --yang tanpa kendali dan tidak dapat diarahkan ke target-target militer-- dikecam masyarakat internasional dan kelompok-kelompok hak asasi manusia.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014