... rekor penyakit epidemik, lebih banyak ketimbang 11.500 orang terjangkit pada 2007... "
Rio de Janeiro (ANTARA News) - Campinas, kota di Brazil yang akan menjadi tempat bagi Cristiano Ronaldo dan pemain sepakbola Nigeria, Mikel Obi, berlatih pada Piala Dunia 2014 kali ini dibayangi hantu demam berdarah.
    
Pekerja di Campinas telah tiba untuk melakukan satu operasi besar membasmi nyamuk demam berdarah, sebelum tim nasional Portugal dan Nigeria tiba. 

Sekitar 32.384 penduduk kota berlokasi sekitar satu jam perjalanan darat dari Sao Paulo itu itu telah terjangkit demam berdarah dan tiga di antaranya telah kehilangan nyawa. 

"Ini rekor penyakit epidemik, lebih banyak ketimbang 11.500 orang terjangkit pada 2007," kata koordinator pemberantasan nyamuk Aedes aegyptii penyebab demam berdarah itu, Andrea von Zuben, selurus dinyatakan AFP. 

Diyakini belum ada obat mujarab untuk demam berdarah kecuali mencegah menjadi cara terbaik. 

Sangat dianjurkan tidak membiarkan tubuh tanpa pakaian, sesuatu yang justru menjadi gayanya Ronaldo saat merayakan keberhasilannya mencetak gol pada tiap pertandingan. 

Pada final Liga Champion tahun ini, dia membuka bajunya dari perut hingga menutupi sebagian kepalanya. Aksinya ini menjadi pembicaraan di mana-mana. 

Brazil menjadi negara yang sangat parah terjangkit demam berdarah tahun ini, yang secara total mencapai 7 juta warganya para kurun 2000-2013 atau sekitar 500.000 orang setahun. 

Von Zuben menyatakan, salah satu pemicu kejangkitan demam berdarah ini adalah gelombang udara panas yang dimulai para awal 2014, sanitasi buruk, dan lingkungan kumuh. 

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014