Jakarta (ANTARA News)- Ketua Komisi V DPR RI, Laurent Bahang Dama menyayangkan ada pemotongan anggaran Kementerian Perhubungan yang telah ditetapkan oleh DPR RI  karena berpengaruh terhadap kesejahteraan rakyat.

"Pemotongan ini sangat berpengaruh pada kesejahteraan rakyat. Di sisi lain kita mau meningkatkan pertumbuhan ekonomi, mengurangi pengangguran. APBN yang sudah ditetapkan dengan UU akan memberikan pekerjaan, bisa meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan pembangunan yang ada di berbagai daerah seperti pembangunan infrastruktur, pelabuhan," kata Laurent di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin.

"Dengan pemotongan itu, bagaimana kita mengurangi pengangguran dan bagaimana kita bisa meningkatkan kesejahteraan rakyat," katanya lagi.

Presiden melalui Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2014, memotong anggaran Kementerian Perhubungan sebesar Rp10,15 triliun dari anggaran yang telah ditetapkan sebesar Rp40,3 triliun.

"Tentu akan dilihat dampak dari pemotongan ini padahal kita sudah setuju dengan anggaran yang ditetapkan. Instruksi Presiden kan tidak ada dalam peraturan perundang-undangan. Tentu itu (pemotongan) adalah masalah internal pemerintah lah, tapi pemotongan itu atas persetujuan DPR RI," kata politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Menurut dia, pemotongan anggaran yang ditetapkan dalam Inpres Nomor 4 Tahun 2014 membuktikan bahwa perencanaan pemerintah untuk membangun bangsa tidak berjalan dengan baik.

"Pemotongan itu artinya kegagalan pemerintah dalam perencanaan. Kok untuk pembangunan dipotong lagi. Itu akan berdampak kepada kepercayaan masyarakat kepada pemerintah," kata Laurent.

Anggota Komisi V dari Fraksi Partai Hanura, Saleh Husin menyatakan, sebaiknya pemerintah memikirkan lebih dalam sebelum memutuskan untuk memotong anggaran setiap kementerian. Pemerintah, katanya, bisa memilih kementerian mana saja yang boleh dipotong anggarannya.

"Kita sayangkan kenapa anggaran Kementerian perlu dipotong. Saya belum tahu apa alasannya, apakah karena penerimaan negara yang kurang," katanya

"Pemangkasan ini jangan disamaratakan untuk semua kementerian, harus dipilah-pilah, ada kementerian yang tidak perlu dipotong seperti kementerian yang membangun infrastruktur, pembangunan bandara dan lain sebagainya sebab itu sangat dibutuhkan sekali untuk pembangunan dan kemajuan daerah. Kalau dipangkas, pembangunan daerah, kesejahteraan rakyat akan menurun.  Sudah pasti pemotongan anggaran akan mempengaruhi kesejahteraan rakyat," kata Saleh Husin.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014