Berlin (ANTARA news) - Kanselir Jerman Angela Merkel pada Kamis bertemu dengan presiden terpilih Ukraina Petro Poroshenko dan menjanjikan dukungan untuk pembangunan Ukraina di masa mendatang.

Berbicara pada konferensi pers bersama dalam kunjungan Poroshenko, Merkel memuji pemilu "adil dan bebas" yang diselenggarakan pada akhir Mei di Ukraina.

Ia juga mengatakan pemilu itu merupakan sebuah "jajak pendapat pan-Ukraina" yang juga diterima oleh Organisasi untuk Keamanan dan Kerja Sama di Eropa sesuai dengan standarnya.

Merkel mengatakan Ukraina masih menghadapi kesulitan dan Jerman ingin "sangat membantu".

Dia berjanji bahwa Jerman akan memberikan bantuan kepada Ukraina dalam upayanya menjamin pembangunan ekonomi yang baik di dalam negeri serta kondisi kehidupan yang aman dan damai bagi warga Ukraina.

Kanselir juga meminta Rusia untuk mendukung upaya-upaya Ukraina mempertahankan integritas teritorialnya dan menanggapi kebutuhan berbagai bagian warga Ukraina.

Poroshenko mengucapkan terima kasih kepada Merkel atas dukungan terus-menerus Jerman untuk upaya Ukraina mengintegrasikan diri ke dalam Uni Eropa dan reformasi ekonomi di negara ini.

Prioritas masa depan akan ditempatkan pada tugas-tugas seperti pemberantasan korupsi, reformasi peradilan serta desentralisasi Ukraina, katanya.

Poroshenko mencatat kemungkinan baru untuk membuat program guna menenangkan ketegangan di Ukraina timur diharapkan setelah presiden baru terpilih, mengungkapkan pada saat yang sama juga berharap bantuan Jerman untuk negaranya di masa depan.

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014