... (Jepang dan Pantai Gading) merupakan tipe tim penyerang dan saya pikir tim dengan tingkat konsentrasi tertinggilah yang akan keluar menjadi pemenang... "
Tokyo, Jepang (ANTARA News) - Kapten Jepang, Makoto Hasebe, menyatakan, dirinya siap untuk maju dalam pertandingan pembuka Grup C Piala Dunia 2014 melawan Pantai Gading, di Stadion Recife, pada akhir pekan, dan mengabaikan kekhawatiran atas cedera lututnya.

"Tidak ada masalah (dengan lutut) dan saya telah mengambil bagian dalam pelatihan penuh," kata gelandang bertahan Eintracht Frankfurt itu, usai latihan di base campPiala Dunia 2014, untuk Jepang di Itu, dekat Sao Paulo.

"Memang hal ini harus diputuskan pelatih, tetapi saya siap untuk bertanding," kata pesepakbola berusia 30 tahun itu, dilansir Kyodo News.

Pelatih Jepang, Alberto Zaccheroni, menunjukkan harapan besar kepada Hasebe sejak mengambil alih tim Blue Samurai setelah Piala Dunia 2010. 

Zaccheroni sangat mengandalkan Hasebe, untuk mencapai tujuan setidaknya hingga mendapat tempat di perempat final, dalam tim yang bertabur dengan pemain berbakat, termasuk pemain dari Manchester United, Shinji Kagawa, dan gelandang AC Milan, Keisuke Honda.

Hasebe robek meniskus lateral di lutut kanannya setelah bermain untuk klub terdahulunya Nuremberg pada Januari lalu.

Dia menjalani dua kali operasi pada lutut kanannya, tetapi ia sempat bermain 90 menit penuh dalam pertandingan terakhir Nuremberg musim ini. 

Ia juga bermain di babak kedua pertandingan yang dimenangkan Jepang dari Siprus dengan skor 1-0 pada 27 Mei.

Namun, Hasebe tidak ikut dalam dua pertandingan pemanasan terakhir Jepang, dimana mereka mengalahkan Costa Rika dan Zambia di kamp pelatihan di Florida.

Hasebe dan bek Stuttgart, Gotoku Sakai, adalah pemain cedera yang paling dikhawatirkan Zaccheroni, tetapi pelatih asal Italia itu sekarang memiliki skuad yang fit.

Jepang telah menunjukkan bakat menyerang, mencetak tujuh gol dalam pertandingan persahabatan di Florida, tetapi pertahanan mereka yang lemah membuat tim ini sempat kebobolan empat gol. 

Akan tetapi, Hasebe mengatakan Pantai Gading memiliki masalah pertahanan yang sama.

"Pantai Gading kuat dalam serangan, tetapi di sisi lain mereka sedikit lemah di pertahanan," katanya. 

"Kami berdua (Jepang dan Pantai Gading) merupakan tipe tim penyerang dan saya pikir tim dengan tingkat konsentrasi tertinggilah yang akan keluar menjadi pemenang," ujar Hasebe.

Jepang juga akan menghadapi Yunani dan Kolombia di Grup C.

Penerjemah: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014