Amerika lebih dikenal sebagai negara yang meminati olahraga basebal. Mereka kini menjadi salah satu kekuatan baru di dunia sepak bola.
Natal (ANTARA News) - Berhadapan dengan Jerman dan Portugal yang telah mengukir nama di blantika sepak bola sejagat di Grup G Piala Dunia 2014, jelas bahwa Ghana dan Amerika Serikat menduduki posisi sebagai tim yang bukan difavoritkan, meski masih terbuka kemungkinan terjadinya kejutan.

Berangkat dari situasi seperti itu, Ghana dan AS kini berjuang sekuat daya agar dapat meraih tiga angka sekaligus menghindari kekalahan dalam duel ini. Ghana bertemu AS dalam laga yang akan diadakan di Stadion Arena Das Dunas, pada Selasa dini hari, pukul 05.00 WIB,

Pertandingan antara kedua tim yang berharap menuai tiga angka penuh itu akan dapat disaksikan oleh pemirsa Tanah Air karena ditayangkan oleh TVOne dan ANTV.

Ghana melesat menjadi salah satu tim terbaik dari Afrika. Pasukan asuhan James Appiah ini berharap dapat mengeluarkan seluruh kepiawaiannya di hadapan seluruh penjuru dunia khususnya pecinta sepak bola.

Ghana menjadi negara ketiga dari benua Afrika yang mampu menembus babak kuarter-final Piala Dunia, sesudah Kamerun dan Senegal. Sementara penampilan terakhir AS pada Piala Dunia 1930. Waktu itu skuad Paman Sam finis di peringkat ketiga dunia.

AS tidak ingin kalah angin. Skuad arahan Juergen Klinsmann itu mampu menundukkan Azerbaijan, Turki dan Nigeria dalam laga pemanasan jelang Piala Dunia di Brasil itu.

Secara skema taktik, kedua tim punya kesamaan. Baik Klinsmaan maupun pelatih Ghana James Appiah akan lebih memfokuskan diri kepada lini tengah permainan. Kedua pelatih itu akan berusaha mendominasi lini gelandang dengan menurunkan pemain yang bertipe petarung.

Ketika menyiapkan AS jelang berangkat menuju Brasil, Klinsmann cenderung lebih menerapkan formasi berlian, dengan mendorong Michael Bradley lebih ke depan dan mengarahkan Toronto agar lebih berusaha menggiring bola ke wilayah pertahanan lawan.

Di belakang dia, ada Jermaine Jones, Kyle Beckerman dan Alejandro Bedoya yang punya energi untuk selalu rajin turun naik. Hanya saja, Klinsmaan kerapkali menempuh sikap lebih fleksibel ketika menerapkan taktik bagi timnya.

Kubu AS akann coba mengimbangi gelandang-gelandang Ghana yang dikenal sarat pengalaman dan dikaruniai tenaga luar biasa kuat. Duo juru dobrak, masing-masing Michael Essien dan Sulley Muntari akan berfungsi sebagai dua gelandang yang dinamis.

Di lini sayap, Ghana mengandalkan Ayew bersaudara, Jordan dan Andre. Sementara Kevin Prince-Boateng akan berfungsi sebagai gelandang serang. Tidak jarang perannya begitu menentukan ketika berlangsung krisis dalam tim yang ia bela.

AS diminta ekstra waspada dengan gerakan yang dimotori oleh para gelandang Ghana. Boateng punya kemampuan melepas umpan-umpan yang akurat bahkan tidak jarang membuahkan gol.

Kevin  Prince-Boateng akan menjadi gelandang yang selalu bergerak dinamis, ia punya potensi membuat perubahan bagi penampilan tim.

Perjuangan Ghana dan AS bakal berada dalam bayang-bayang Jerman yang difavoritkan menjadi juara dunia. Untuk itu, kemenangan menjadi harga mati bagi kedua tim yang saling berhadapan pada Selasa subuh nanti.

 
Komentar dua pelatih:

James Appiah (Ghana):
"Amerika lebih dikenal sebagai negara yang meminati olahraga basebal. Mereka kini menjadi salah satu kekuatan baru di dunia sepak bola."

Juergen Klinsmann:
*Saya berpikir bahwa bicara tentang menang di Piala Dunia bagi kami tidak realistis juga.  Ini berkaitan dengan soal lawan kami di partai pembuka nanti. Hujan, bersalju, lapangan basah, lapangan kering, panasm lembab, apapun. Kami tidak cemas dengan semuanya itu."

Susunan pemain:
 
Amerika Serikat (4-4-2):
Tim Howard (penjaga gawang); DaMarcus Beasley, Matt Besler, Geoff Cameron, Fabian Johnson; Kyle Beckerman, Alejandro Bedoya, Jermaine Jones, Michael Bradley; Clint Dempsey, Jozy Altidore

Ghana (4-3-3):
Adam Kwarasey (penjaga gawang); Kwadwo Asamoah, John Boye, Jonathan Mensah, Harrison Afful; Mohammed Rabiu, Sulley Muntari, Kevin-Prince Boateng; Andre Ayew, Asamoah Gyan, Jordan Ayew

 
Enam laga terakhir:

Ghana:
10 Jun 2014 Ghana 4-0 Korea Selatan
31 May 2014 Belanda 1-0 Ghana
 5 Mar 2014 Montenegro 1-0 Ghana
19 Nov 2013 Mesir 2-1 Ghana
15 Oct 2013 Ghana 6-1 Mesir
 6 Sep 2013 Ghana 2-1 Zambia

Amerika Serikat:
7 Jun 2014 AS 2-1 Nigeria
1 Jun 2014 AS 2-1 Turki
28 May 2014 AS 2-0 Azerbaijan
 3 Apr 2014 AS 2-2 Mexico
 5 Mar 2014 Ukraina 2-0 AS
 1 Feb 2014 AS 2-0 Korea Selatan

Prediksi hasil laga (Goal.com):

* Ghana 2-0 AS (15,62 persen)
* Ghana 2-1 AS (15,45 persen)
* Ghana 1-2 AS (12,27 persen)
 
 Narasi atas prediksi:

* Duel akan terjadi antara Jermaine Jones (AS) dengan Kwadwo Asamoah (Ghana). Kedua pemain ini punya peran krusial bagi masing-masing timnya. Hanya saja Jopnes terkadang masih tampak belum trengginas dalam melakukan serangan. Ghana dapat saja melakukan serangan balik dengan cepat.

* Michael Bradley (AS) akan berhadapan dengan gelandang bertahan Ghana. Bradley amat diharapkan perannya dalam tim. Ia masuk dalam skema yang diterapkan Klinsmann.

* Keduanya diharapkan dapat menyajikan permainan dengan menampilkan jual beli serangan. Peran Gyan di skuad Ghana menjadi titi perhatian dari laga ini.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
Ghana: 2
AS: 0

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014