Cuiaba, Brasil (ANTARA News) - Nigeria telah menaklukkan Bosnia dan bintangnya Eden Dzeko dengan kemenangan 1-0 pada pertandingan putaran dua Grup F Piala Dunia 2014 di Pantanal Arena, Cuiaba, Sabtu petang (Minggu pagi WIB).

Satu-satunya gol Nigeria dicipta Odemwingie menit 29, mengalahkan gempuran bertubi pemain depan Bosnia yang selalu gagal.

Gol Odemwingie dengan tendangan yang tidak begitu keras itu tercipta dari kerja keras Emenike yang memenangkan perebutan bola dengan Spahic di kiri pertahanan Bosnia.

Pemain Fenerbahce, Emenike, berhasil melewatkan bola dari hadangan Spahic. Ia kemudian terlibat duel mengejar bola dengan Spahic, yang jatuh dan mengundang protes kubu Bosnia di luar lapangan lantaran wasit menganggap itu bukan pelanggaran.

Memenangi perebutan bola, Emenike memproduksi umpan bola rendah untuk Odemwingie, yang menyelesaikannya dengan baik dan mengantar Nigeria unggul 1-0.

Gol Odemwingie kian membuat barisan depan Bosnia frustasi karena sedikitnya empat upaya mereka berhasil dipatahkan oleh kiper Nigeria Enyeama.

Upaya Hajrovic menit 23, Dzeko menit 24, Pjanic menit 28, dan satu lagi sundulan Eden Dzeko berhasil dihadang dengan baik oleh Enyeama.

Bukan tanpa membalas, Nigeria sepanjang babak pertama juga menciptakan banyak peluang, tapi baru Odemwingie yang berhasil menyelesaikannya menjadi gol.

Pada babak kedua, diawali dengan Babatunde, Nigeria menghujani Bosnia dengan gempuran demi gempuran, sementara Bosnia tetap berjuang keras untuk menyamakan kedudukan.

Tendangan Babatunde menit 55 dan 61 memaksa kiper Bosnia Begovic berjuang keras menghalaunya, disusul kemudian Emenike menit 61.

Odemwingie yang berada di area penalti Bosnia mengumpan Emenike, yang mencoba menambahi gol Nigeria dengan tendangan kaki kanannya, tapi Begovic kembali bisa menyelamatkan gawangnya.

Bosnia melalui Pjanic kembali mencoba keberuntungan pada menit 77, sayang, tendangan kerasnya dari jarak jauh berakhir di tangan kiper Enyeama, sebelum usaha Onazi menit 81 juga berakhir sama.

Upaya-upaya terakhir Bosnia oleh Ibisevic berhasil diblok Omerua, datang kemudian dua kali tendangan bintang Manchester City Dzeko, namun kiper Nigeria yang tampil gemilang mengulang kembali penyelamatan sempurna.

Sampai wasit meniup peluit terakhir, Bosnia gagal untuk membalas gol dan pertandingan berakhir dengan kemenangan Nigeria 1-0.

Berikut susunan pemain Nigeria lawan Bosnia mengutip laporan FIFA:

Nigeria

Line-ups: 1-Enyeama (GK), 2-Yobo (C)< 5-Ambrose, 7-Musa, 8-Odemwingie, 9-Emenike, 10-Mikel, 13-Oshaniwa, 17-Onazi, 18-Babatunde, 22-Omeruo.

Pengganti: 16-Ejide (GK), 21-Agbim (GK), 3-Uzoenyi, 4-Gabriel, 6-Egwuekwe, 11-Moses, 12-Odunlami, 15-Azeez, 19-Nwofor, 20-Uchebo, 23-Ameobi, 14-Oboabona.

Pelatih: Stephen Keshi (Nigeria)

Bosnia


Line-ups: 1-Begovic (GK), 4-Spahic (C), 7-Besic, 8-Pjanic, 10-Misimovic, 11-Dzeko, 13-Mujdza, 15-Sunjic, 16-Lulic, 18-Medunjanin, 20-Hajrovic.

Pengganti: 12-Fejzic (GK), 22-Avdukic (GK), 2-Vrsajevic, 3-Bicakcic, 5-Kolasinac, 6-Vranjes, 9-Ibisevic, 14-Susic, 17-Ibricic, 19-Visca, 21-Hadzic, 23-Salihovic.

Pelatih: Safet Susic (Bosnia).

Pewarta: -
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014