Jakarta (ANTARA News) - Calon presiden nomor urut satu Prabowo Subianto menyatakan Indonesia bukanlah ancaman bagi Australia terkait hubungan kedua negara yang sempat goyah beberapa waktu lalu.

"Kita bukan ancaman bagi Australia. Karena kita ingin bersahabat dengan Australia. Maka kewajiban kita untuk yakinkan, kita ingin jadi tetangga yang baik," kata Prabowo dalam debat capres untuk ketiga kalinya di Jakarta, Minggu malam.

Menurut Prabowo masalah naik turunnya hubungan kedua negara tampaknya terletak pada Australia yang kerap menaruh curiga pada Indonesia.

Hal itu terjadi karena beberapa kali Indonesia pernah melalukan tindakan militer yang mungkin menimbulkan kekhawatiran bagi Negeri Kangguru itu.

"Masalahnya tidak terletak pada Indonesia, tapi Australia ada kecurigaan atau phobia pada Indonesia," katanya.

Lebih lanjut, mantan Danjen Koppasus TNI AD itu mengatakan bangsa Indonesia harus tegas mempertahankan inti kepentingan nasional bangsa dalam membina hubungan dengan negara lain.

"Kita tidak ada masalah dengan Australia," tegasnya.

Debat yang mempertemukan capres Prabowo Subianto dan Joko Widodo untuk ketiga kalinya itu mengusung tema "Politik Internasional dan Ketahanan Nasional" dimoderatori oleh Hikmahanto Juwana.

Pemilu Presiden pada 9 Juli 2014 diikuti dua pasangan capres dan cawapres, yakni Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

(A062/Z003)

Pewarta: Ade Irma Junida
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014