Jakarta (ANTARA News) - Gelandang Bayern Munchen  Xherdan Shaqiri menciptakan dua gol pada babak pertama dalam laga terakhir Grup E antara Swiss melawan Honduras di Arena Amazonia, Manus, dini hari ini, untuk membawa Swiss unggul 2-0 pada babak ini.

Kedua gol ini tercipta lewat komposisi serangan yang sama dan kualitas gol yang hampir sama pula, dengan assist dari dua pemain berbeda.

Gol pertama Shaqiri tercipta pada menit 6 setelah menerima umpan Stephan Lichsteiner dari sebelah kiri pertahanan Honduras.

Shaqiri bergerak membawa bola untuk mencari ruang tembak dengan melalui kawalan bek Honduras Juan Carlos Garcia untuk kemudian melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang tak terjangkau kiper Honduras Noel Valladares.

Infostrada mentwit bahwa keberhasilan Shaqiri yang mengenakan kaus bernomor punggung 23 itu dalam mencetak gol bagi Swiss ini membuat kostum bernomor 1 sampai 23 (kecuali 1, kiper) sudah mencetak gol pada Piala Dunia 2014.

25 menit kemudian, pada menit 31, dia menciptakan gol keduanya lewat aransemen yang hampir sama dengan gol pertama, kali ini dia bekerjasama dengan striker Josip Drmic.

Drmic menerima bola dari sebuah operan dari daerah pertahanan Swiss yang dibawanya lewat sisi kanan pertahanan Honduras untuk diteruskan kepada Shaqiri yang berlari di tengah dan melepaskan tendangan keras yang untuk kedua kali tak bisa dihalau Noel Valladares.

Statistik FIFA menunjukkan, Swiss sebenarnya kalah dalam pengusaan bola dengan hanya menguasai 38 persen distribusi bola.

Tetapi Swiss bermain sangat efektif dengan mengoptimalkan 122 umpan (Honduras 250 umpan) yang dikonversinya menjadi sembilan upaya gol yang dua diantaranya on target.

Pada babak ini Honduras harus menarik striker Carlo Costly yang cedera untuk digantikan Jerry Palacios.

Susunan pemain seperti dilansir laman resmi Piala Dunia FIFA:

Honduras: Noel Valladares; Maynor Figueroa, Víctor Bernárdez, Juan Carlos García, Brayan Beckeles; Wilson Palacios, Boniek García, Roger Espinoza, Jorge Claros; Jerry Bengtson, Carlo Costly

Swiss: Diego Benaglio; Stephan Lichtsteiner, Ricardo Rodríguez, Johan Djourou, Fabian Schär; Gokhan Inler, Granit Xhaka, Valon Behrami, Admir Mehmedi, Xherdan Shaqiri ; Josip Drmic

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014