Brasilia (ANTARA News) - Prancis berhasil mengalahkan Nigeria 2-0 pada pertandingan 16 besar Piala Dunia 2014 di di Estadio Nacional, Brasilia, yang berlangsung hingga Selasa dini hari.

Kedua gol Prancis dihasilkan pada babak kedua yang berasal dari Paul Pogba dan gol bunuh diri kapten Elang Super Joseph Yobo.

Dengan hasil ini Prancis maju ke babak perempaat final melawan pemenang antara Jerman dan Aljazair yang akan bertanding Selasa 03.00 WIB.

Gol tersebut tercipta setelah sejak awal babak kedua, pasukan Ayam Jantan memborbardir pertahanan Elang Super.

Gol Prancis diawal dari tendangan sudut. Bola berhasil ditepis oleh kiper Vincent Enyeama, namun arahnya tepat ke arah Pogba yang lalu menyundul ke arah gawang pada menit ke 79.

Pada tambahan waktu babak kedua, umpan dari pemain Prancis ke arah gawang Nigeria mengenai kaki Yobo yang justru mengarah ke gawang yang dikawal Vincent Enyeama yang sebetulnya bermain cukup cemerlang karena beberapa kali menyelamatkan menghalau tenadangan lawan.


Jalannya pertandingan


Pada pertandingan di Estadio Nacional, Brasilia, yang dimulai Senin malam WIB tersebut, pada awal babak pertama kedua tim memainkan permainan menyerang sehingga pertandingan berjalan dengan cepat.

Namun setelah pertengahan babak pertama, pemain Prancis lebih banyak mengepung pertahanan tim dari Afrika tersebut. Pemain tengah Nigeria seringkali kalah berduel dengan lini tengah Prancis.

Namun peluang mencetak gol justru lebih dulu didapat oleh Nigeria. Pada menit 19, Ahmed Musa mengirimkan bola ke depan gawang dan disambut oleh Emmanuel Emenike yang meneruskan bola ke gawang Prancis. Namun sayang Emenike terlebih dahulu offside sebelum mencetak gol.

Di menit 20, giliran penyerang Prancis Karim Benzema yang menerima bola di depan gawang Nigeria juga terperangkap offside.

Dua menit kemudian Paul Pogba melakukan tendangan gledek namun berhasil ditahan oleh kiper Nigeria Vincent Enyeama sehingga hanya menghasilkan tendangan gawang bagi tim Ayam Jantan.

Pada babak kedua, Prancis langsung memborbardir pertahanan Nigeria dan beberapa kali mengancam gawang Nigeria. Pada menit ke 70, tendangan Karim Benzema telah melewati kiper namun berhasil diselamatkan oleh Victor Moses yang lari mengejar dari arah belakang bola. Setelah dilihat melalui teknologi garis gawang, bola belum melewati garis sebelum diselamatkan Moses.

Selanjutnmya pada menit 77, tendangan keras Yohan Cabaye dari luar kotak hanya mengenai tiang gawang bagian atas. Peluang berikutnya terjadi dimniet 79 ketika tendangan Benzema ke arah gawang ditepis penjaga gawang sehingga hanya terjadi tendangan sudut.

Gol baru tercipta di menit 80 melalui Pogma dan kemudian gol bunuh diri Yobo di menit tambahan waktu.

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014