Sejauh ini tidak ada indikasi ancaman keamanan menjelang Pilpres."
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto menyatakan pertemuan pimpinan antarkepala lembaga negara menjelang Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 9 Juli 2014 penting untuk dilakukan.

Menkopolhukam bersama Mendagri Gamawan Fauzi di Gedung MPR/DPR/DPD di Jakarta, Selasa, mengadakan rapat koordinasi dengan Ketua MPR Sidarto Danusubroto dan Ketua DPD Irman Gusman.

Pertemuan pimpinan antarlembaga negara yang dilaksanakan secara periodik tersebut bertujuan mengajak masyarakat Indonesia agar secara aktif menggunakan hak pilihnya dan ikut menciptakan situasi pemilu yang aman, tertib, luber dan jurdil.

"Karena ini penting saya yakin semua kepala lembaga negara akan hadir," kata mantan Panglima TNI itu.

Pertemuan serupa telah dilaksanakan menjelang Pemilu Anggota DPR, DPD, dan DPRD pada 9 April lalu dan akan terus dilaksanakan pertemuan sejenis agar Pemilu Presiden dan Wakil Presiden jauh dari kerusuhan, kerusakan, dan kecurangan-kecurangan.

"Sejauh ini tidak ada indikasi ancaman keamanan menjelang Pilpres," katanya.

Ia menegaskan pentingnya netralitas TNI, Polri, dan PNS dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden.

Hal senada diungkapkan Ketua MPR Sidarto Danusubroto yang menjamin Kapolri dan Panglima TNI sudah dengan tegas menertibkan anggotanya akan aturan itu.

Pertemuan pimpinan antarlembaga negara termasuk presiden tersebut akan dilaksanakan pada 7 Juli mendatang di Gedung MPR RI. (B009/I007)

Pewarta: Yashinta Difa
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014