Dukungan Rustriningsih terhadap Prabowo ibarat kacang lupa pada kulitnya karena Bu Rustri telah lupa pada partai yang membesarkannya dan saya menyesalkan mengapa beliau sebagai salah satu kader terbaik PDIP justru membelot."
Semarang (ANTARA News) - Para pendukung Rustriningsih di Jawa Tengah yang tergabung dalam Bolo Rustri dan Sedulur Rustri berencana mengalihkan dukungannya ke pasangan calon presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla pada Pemilu Presiden 9 Juli 2014.

"Dukungan dari Bolo Rustri dan Sedulur Rustri ke pasangan capres Jokowi-JK akan kami deklarasikan di beberapa daerah mulai besok," kata Relawan Bolo Rustri dan Sedulur Rustri, Daniel Teguh Ismanto, saat dihubungi melalui telepon dari Semarang, Rabu.

Ia mengungkapkan bahwa dukungan Bolo Rustri dan Sedulur Rustri terhadap pasangan capres Jokowi-JK ini sebagai bentuk kekecewaan terhadap langkah Rustriningsih yang mengesampingkan ideologi dalam mendukung salah satu capres.

"Deklarasi dukungan kami untuk Jokowi-JK merupakan bentuk kekecewaan langkah Bu Rustri karena dalam tataran ideologi, terus terang saya agak kaget dan tidak menyangka mengapa beliau meninggalkan PDIP dengan drastis," ujarnya.

Ia menjelaskan deklarasi dukungan untuk Jokowi-JK oleh ratusan anggota Bolo Rustri dan Sedulur Rustri di wilayah Jateng bagian tengah yang pertama akan dilakukan pada Kamis (3/7) dan dipusatkan di Kabupaten Banjarnegara.

Wilayah Jateng bagian tengah ini terdiri atas Kabupaten Banyumas, Banjarnegara, Temanggung, dan Wonosobo.

"Deklarasi kedua digelar di Kebumen pada Jumat (4/7) akan dilakukan oleh ratusan Bolo Rustri di wilayah Jateng yang terdiri atas wilayah Kebumen, Magelang, Salatiga, dan Purworejo," katanya.

Ia mengakui bahwa politik adalah pilihan pribadi masing-masing, dan Rustriningsih merupakan kader PDIP yang dua periode menjadi Bupati Kebumen serta Wakil Gubernur Jateng yang diusung partai berlambang banteng moncong putih.

"Dukungan Rustriningsih terhadap Prabowo ibarat kacang lupa pada kulitnya karena Bu Rustri telah lupa pada partai yang membesarkannya dan saya menyesalkan mengapa beliau sebagai salah satu kader terbaik PDIP justru membelot," ujarnya.

Daniel mengatakan bahwa dirinya sudah berkeliling di sejumlah daerah di Jateng dan mendapat keluhan serta kekecewaan serupa dari para pendukung Rustriningsih.

"Jika Bu Rustriningsih kecewa dengan Pilgub Jateng 2013, maka seharusnya beliau sebagai kader tetap menunjung tinggi keputusan partai dan mendukung Jokowi-JK pada Pemilu Presiden mendatang," katanya.

Informasi mengenai dukungan Rustriningsih kepada pasangan capres Prabowo-Hatta beredar di kalangan wartawan sejak beberapa hari terakhir.

Rumah keluarga Rustriningsih di Kabupaten Kebumen, Jateng, juga disebutkan menjadi posko pemenangan Prabowo-Hatta. (WSN/I007)

Pewarta: Wisnu Adhi N.
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014