Jakarta (ANTARA News) - Microsoft Devices Lumia 630 yang merupakan ponsel pintar dengan sistem operasi Windows Phone teranyar, 8.1, akan meluncur di pasaran pada 11 Juli 2014.

"Lumia 630 menjadi Microsoft Devices pertama yang menggunakan sistem operasi Windows Phone 8.1. Lewat Windows Phone 8.1 Microsoft menjawab berbagai kebutuhan konsumen," kata Product Manager Microsoft Device, Anvid Erdian, di Jakarta, Kamis.

Anyid menyatakan bahwa sebelum resmi meluncur di pasaran pada 11 Juli, Lumia 630 bisa dipesan lebih awal atau pre-order mulai 4-10 Juli di sejumlah toko daring atau online store.

Selain itu tersedia juga Coloud Headphone bagi para pembeli Lumia 630, yang akan dilepas ke pasaran dengan harga resmi Rp1.999.000,-.

Lumia 630 menggunakan layar sebesar 4,5 inchi dengan waktu bicara GSM hingga 16,4 jam, waktu bicara 3G hingga 13,1 jam, pemutaran video hingga 7 jam, pemutaran musik hingga 58 jam serta waktu stand by hingga 25 hari.

Sistem operasi Windows Phone 8.1, menurut Anrid, menghadirkan berbagai fitur-fitur mengagumkan seperti Word Flow, Data Sense, Battery Saver, Storage Sense, Project My Screen dan control volume individual.

Selain itu Windows Phone 8.1 juga diperkuat oleh , Microsoft Office Mobile dan OneDrive yang memberikan produktivitas tingkat tinggi dan penyimpanan berbasis cloud untuk semua orang.

Lumia 630 dijalankan oleh prosesor empat inti Snapdragon S400 yang memberi performa cepat.

Sementara itu, meskipun hanya diperkuat memori RAM sebesar 512 MB, Anrid mengatakan berkat ketangkasan Windows Phone memori yang dibutuhkan tidak terlalu besar.

"Windows Phone tidak memakan begitu banyak porsi memori ketika beroperasi, karena ia berjalan dengan stabil," ujarnya menghapus kekhawatiran menurunnya performa lantaran prosesor empat inti tidak diimbangi besarnya memori yang ditanam.

Ponsel yang sudah diperkuat Gorilla Glass 3 tersebut memiliki lima pilihan warna yakni oranye cerah, hijau cerah, kuning cerah, putih dan hitam.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014