Phnom Penh (ANTARA News) - Tragis! Itu lah yang terjadi pada tiga orang Kamboja pada Sabtu (5/7), saat mereka tewas akibat kekurangan oksigen tatkala mereka berusaha menyelamatkan anjing yang tenggelam di dalam sumur, kata seorang perwira polisi lokal.

Peristiwa itu terjadi pada Sabtu sore di Kabupaten Prek Prasab di Provinsi Kratie di bagian timur negeri tersebut, ketika satu anjing jatuh ke sumur sedalam sembilan meter. Pemilik hewan tersebut pun masuk ke dalam sumur itu, kata Sou Mengchhun, Wakil Kepala Polisi Kabupaten Prek Prasab.

Ketiga korban tersebut adalah seorang ibu yang berusia 64 tahun dan putranya yang berusia 25 tahun dan seorang tetangganya yang berumur 37 tahun, katanya.

"Mula-mula, putranya turun ke dalam sumur untuk menyelamatkan anjing itu, tapi ia pingsan dan koma, jadi ibunya dan seorang pria desa masuk ke dalam sumur dalam usaya membantu pria tersebut dan anjing itu. Tapi mereka juga pingsan dan semuanya meninggal di dalam sumur," kata perwira tersebut melalui telepon kepada Xinhua.

"Kami menyimpulkan bahwa semua korban meninggal akibat kekurangan oksigen di dasar sumur," katanya.

Itu adalah peristiwa kedua dalam waktu kurang dari dua bulan. Pada akhir Mei, tujuh orang meninggal akibat kekurangan oksigen setelah turun ke sumur sedalam enam meter di Provinsi Siem Reap di bagian baratdaya negeri itu untuk menemukan uang 3.999 riel (75 sen dolar AS) yang secara tak sengaja dijatuhkan oleh satu seorang korban ke dalam sumur.

Menurut para ahli, manusia pingsan dan koma lalu meninggal dalam waktu 40 detik jika mereka berada di atmosfir yang tingkat oksigennya empat sampai enam persen.
 

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014