Jakarta (ANTARA News) - Pernahkah Anda mempertimbangkan, apa yang Anda makan dapat mempengaruhi perasaan Anda? Apa yang kita konsumsi dapat meningkatkan tingkat energi dan menenangkan suasana hati kita.

Sebelum melaksanakan ujian, presentasi atau pertemuan penting, terkadang kita mengunyah sepotong biskuit untuk menenangkan.

Namun, kadang-kadang, "junk food" yang mengandung kadar gula tinggi itu tidak bisa membantu memperbaiki suasana hati Anda.

Ahli nutrisi dari Inggris, Sally Wisbey memberikan rekomendasi mengganti sejumlah makanan populer dengan makanan alternatif, seperti dilansir Female First.

1. Ganti makanan mengandung tepung putih halus seperti roti, pasta, nasi dan kentang
Sebaiknya, coba konsumsi dengan makanan yang mengandung tepung gandum dan ubi jalar, karena memberikan sistem pencernaan Anda lebih banyak serat. Juga dapat menjaga kebersihan sistem pencernaan Anda secara teratur. Di samping itu, makanan berbahan baku ini dapat menjaga suasana hati.

2. Ganti minuman berkafein seperti kopi, minuman bersoda, karena mungkin dapat membuat Anda lekas marah
Sebaiknya, coba konsumsi teh herbal seperti chamomile, karena teh ini merupakan minuman yang enak dan menenangkan. Teh hijau merupakan pengecualian sekalipun tidak mengandung kafein dan seharusnya mengandung lebih banyak anti-oksidan dibandingkan jenis teh lain karena proses pembuatannya.

3. Ubah diet berat karbohidrat
Sally menyarankan Anda untuk menambah kandungan protein dalam makanan Anda, seperti ikan, ayam, kalkun, daging atau telur. Protein bermanfaat untuk mempertahankan massa otot dan pertumbuhan tulang. Zat ini juga diperlukan untuk menghasilkan asam amino dan berperan memproduksi neurotransmitter di otak.

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014